Demi Keselamatan Bersama, Kades Kain Golong Himbau Warganya Tidak Mudik

  • Whatsapp
Posko percepatan pencegahan penyebaran covid-19 desa Kain Golong, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil

Aceh Singkil | Sinarlintasnews.com – Menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat agar masyarakat tidak melaksanakan mudik (pulang kampung), Kepala Desa Kain Golong Sahrun menghimbau kepada masyarakat khususnya warga desa Kain Golong, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil untuk mematuhi himbauan pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran covid 19 dengan tidak mudik dahulu.

Mudik memeng telah menjadi tradisi bagi kebanyakan masyarakat, dikarenakan banyak kalangan masyarakat yang melakukan aktifitas pekerjaan di luar daerah. Mudik diidentik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan.

Kepala Desa Kain Golong mengungkapkan himbauan tersebut guna mengurangi resiko penularan Virus Corona. Sahrun meminta agar masyarakat melaksanakan Physical Distancing yaitu dengan menjaga jarak, tidak berkumpul atau memobilisasi massa untuk mengurangi resiko tertular atau menularkan Virus Corona.

“Jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, biasanya banyak masyarakat kita yang melaksanakan mudik. Untuk sementara waktu, tidak kita himbau untuk tidak melaksanakan mudik terlebih dahulu dikarenakan kita semua tidak tau terjangkit covid-19 atau tidak,” ucap Sahrun, Kamis (30/4/2020).

Sahrun menegaskan untuk tidak melaksanakan mudik dengan pertimbangan yang lebih penting yaitu mengurangi resiko tertular dan menularkan Covid-19, hal tersebut dilakukan demi memutus penyebaran covid-19. maka salah satunya adalah dengan tidak berkumpul secara berdekatan dan Jagan lupa gunakan masker.

“Sayangi orang tuamu, keluargamu jangan sampai mereka menjadi korban Virus corona (Covid-19), mari kita lawan dengan kita tinggal dirumah, selalu cuci tangan dengan Hand Sanitizer sebelum dan setelah melaksanakan aktifitas, jangan memegang wajah (hidung, mulut, mata) ketika tangan tidak bersih, jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, memakai masker jika flu, atau tutup dengan lengan bagian dalam pada saat bersin/batuk, keluar rumah apabila sangat perlu saja,” katanya.

BACA JUGA : Kepala Desa Suro Baru Lakukan Berbagai Upaya Percepatan Pencegahan Penyebaran Covid-19

BACA JUGA : Kades Pertabas Lakukan Percepatan Pencegahan Penyebaran Covid-19

Sahrun juga menerangkan agar masyarakat benar benar mematuhi kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Kesehatan adalah segalanya bagi kehidupan, maka sebelum dan setelah melaksanakan aktifitas diingatkan agar tidak melakukan hal hal yang merugikan diri sendiri, akhirnya berimbas kepada yang lain.

“Mohon agar dipatuhi kebijakan yang ditentukan. Kita tidak tahu siapa yang berpotensi terpapar pada kerumunan orang dan oleh sebab itu kita hindari. Sayangi diri dan keluarga, jangan sampai kita menularkan dan tertular oleh Virus Corona, kita berharap semua ini segera berlalu. Jangan keluar rumah apabila tidak perlu,” Ujarnya.

BACA JUGA : Cegah Penyebaran Covid-19, Kades Siatas Himbau Warganya Baik di Dalam Maupun Diluar Untuk Tidak Mudik

BACA JUGA : Cegah penyebaran covid-19, Kades Lae Riman Bagikan Masker Kepada Warga

Dalam himbauannya, Sahrun menminta kepada masyarakat agar para pemudik di tahun 2020 ini untuk tidak mudik terlebih dahulu demi keselamatan, baik itu yang datang ke desa Kain Golong maupun ke desa.

“Kalau ada yang terlajur pulang ke desa ini, saya minta agar melapor ke posko terlebih dahulu, memeriksa suhu tubuh dan memastikan kesehatan,” imbuhnya.

Selain menyampaikan himbauan, Sahrun juga menijau kesiapan petugas di posko perceptan pencegahan penyebaran cobid-19, dan meminta kepada para gugus tugas agar tidak lalai dalam menjalankan tugas.

“Saya minta agar benar-benar serius dalam penanganan covid-19 ini, setiap yang masuk ke desa Kain Golong harus wajib lapor terlebih dahulu,” pungkasnya. (Alek Sander HA).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.