Belut (Monopterus Albus) Merupakan Salah Satu Jenis Ikan Yang Bisa Ganti Kelamin

  • Whatsapp
Sonia Ginatha Hutagalung (SEKOLAH TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN MATAULI)

Belut (Monopterus albus) merupakan salah satu jenis ikan yang bentuknya mirip dengan ular termasuk kedalam suku Syinbranchidae yang tidak memiliki sirip dada, sirip punggung, dan sirip dubur, hanya bersirip perut. Selain itu tubuh belut tidak bersisik dan Letak dubur jauh ke belakang badan.Belut juga memiliki kulit yang tidak berjari atau beruas. Tempat
hidupnya dari kecil sampai dewasa dan bertelur adalah perairan air tawar yang berlumpur.

Gambar 1. Belut ( Monopterus albus)

Bacaan Lainnya

Menurut Sarwono, 2011 menyatakan bahwa Belut mempunyai alat pernapasan tambahan berupa kulit tipis berlendir yang terdapat di rongga mulutnya yang berfungsi untuk mengambil oksigen secara langsung dari udara. Belut adalah makhluk nokturnal yang akan melakukan aktivitasnya pada malam hari dan cenderung akan bersembunyi di celah- celah tanah liat. Belut juga dapat ditemukan disungai atau rawarawa yang tawar maupun payau. (Sarwono, 2011: 23).

Jenis belut antara lain belut sawah sering kita jumpai di daerah persawahan, dengan ciri-ciri warna kulit cerah, panjang tubuh bisa mencapai 45 cm ketika dewasa, bobotnya bisa mencapai 200 – 300 gram, dan memiliki tekstur daging yang lembut. Lalu belut rawa, pada dasarnya belut sawah dan belut rawa tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Kemudian ada belut muara dengan ciri-ciri warna kulit coklat pucat, panjang bisa mencapai 60 – 70cm, bobot bisa mencapai 250 – 400 gram, habitat hidup di area muara sungai, gerakan lambat namun sangat kuat, bentuk ekor seperti pedang, memiliki tekstur daging yang lebih kasar, serta memiliki bau amis yang mencolok.

Belut yang bisa mengganti jenis kelaminnya disebut Hermaprodit. Hermaprodit adalah Individu yang sekaligus dapat membawa jaringan jantan dan betina atau dalam tubuhnya dapat menghasilkan spermatozoa dan ovum baik pada waktu yang sama atau berlainan.

Selanjutnya dikatakan bahwa hermaprodit terdiri dari Singkroni, protogini dan protandri (SMITH 1967). Belut bersifat hermaprodit protogini, artinya ikan ini akan mengalami perubahan jenis kelamin yang awalnya betina kemudian berubah menjadi jantan pada usia tua.

Belut akan mengalami perubahan jenis kelamin pada panjang tubuh yang bervariasi yakni pada ukuran panjang 20,8 cm sudah ada yang mengalami intersex, dan pada ukuran 27,4 – 35,8 cm terjadi perubahan jenis kelamin menjadi jantan.

Hal ini terjadi karena pada gonad ikan belut terdapat ovari dan juga testis. Perubahan dari satu jenis kelamin ke jenis kelamin yang lain bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Secara morfologi belut yang berjenis kelamin betina punggungnya berwarna coklat kehitaman, perutnya putih kekuningan, kepalanya kecil, dan ekornya panjang dengan ujung yang lancip. Sedangkan yang berjenis kelamin jantan punggungnya coklat kehijauan, perutnya kuning kecoklatan, kepalanya besar, dan ekornya agak pendek dengan bagian ujung yang tumpul.

Gambar 2. Belut yang telah mengalami Hermaprodit

Terimakasih telah membaca artikel ini semoga dapat memberi informasih dan dapat menambah wawasan para pembaca.

Sonia Ginatha Hutagalung (SEKOLAH TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN MATAULI)

Penulis :
Nama : Sonia ginatha hutagalung
Program Studi : Sosial Ekonomi Perikanan
Dosen Pembimbing : Rosmasita , S.Pi., M.Si
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN MATAULI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.