Mengenal Morfologi Pada Ikan Seriding ( Ambassis Nalua )

  • Whatsapp
Foto : Malsen sibarani (Sekolah Tinggi Perikanan Dan Kelautan Matauli).

Pengenalan struktur ikan tidak terlepas dari morfologi ikan yaitu bentuk luar ikan yang merupakan ciri ciri yang mudah dilihat dan mudah diingat dalam mempelajari jenis – jenis ikan.

Bacaan Lainnya

Klasifikasi ikan seriding (Ambassis nalua) :

Kelas : Pisces
Ordo : Percomorphi
Sub-Ordo : Percoidea
Family : Centropomidae
Genus : Ambassis
Spesies : Ambassis nalua

Morfologi ikan sangat berhubungan dengan habitat ikan tersebut diperairan. Sebelum kita mengenai bentuk – bentuk tubuh ikan yang bisa menunjukkan dimana habitat ikan tersebut, ada baiknya kita mengenai bagian –bagian tubuh ikan secara keseluruhan beserta ukuran – ukuran yang digunakan dalam identifikasi (Jefri, 2010).

Ikan seriding (Ambassis nalua) memiliki bentuk tubuh pipih dengan potongan lintang dorso-ventral berbentuk elips . Ikan seriding termasuk ikan demersal yang mendiami perairan tropis.

Ikan seriding memiliki Rangka dari tulang benar dan bertutup insang, kepala simetris. Badan ikan serinding bersisik atau sebagian tertutup oleh kelopak-kelopak tebal. Memiliki garis linea lateralis di atas sirip dada, Hanya satu sirip punggung yang berdekatan dan sirip perut tidak bersatu, sirip punggun dan sirip dubur ikan seriding tidak panjang,

Makanan ikan seriding antara lain udang-udangan, ikan kecil, Annelida (cacing laut) dan plankton. Ikan seriding bersifat nokturnal yaitu aktif mencari makan saat malam hari. Ikan ini sering berkelompok dalam jumlah besar bahkan hingga ratusan pada siang hari namun akan berpencar saat malam hari.

Ikan seriding bukan merupakan target utama penangkapan dan bukan tergolong ikan dengan nilai ekonomis yang tinggi. Pada umum masyarakat memanfaatkan ikan ini sebagai bahan konsumsi dan bahan untuk membuat terasi. Kelompok ikan seriding juga ada yang dimanfaatkan sebagai ikan hias.

Foto : Malsen sibarani (Sekolah Tinggi Perikanan Dan Kelautan Matauli).

Penulis :
Malsen Sibarani
18010001
Teknologi Penangkapan Ikan
Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli (STPKM) Pandan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.