Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Dinkes Sumut Bersama Dinkes Kota Sibolga Gelar Sosialisasi Germas

  • Whatsapp

Sibolga | Sinarlintasnews.com – Dinas Kesehatan Provinsin Sumatera Utara (Provsu) bersama Dinas Kesehatan Kota Sibolga melaksanakan sosialisasi Gerakan Hidup Sehat (Germas) kepada warga Kota Sibolga di Gedung Nasional Kota Sibolga, Rabu (6/9/22).

Kadis Kesehatan Provsu, Ismail Lubis melalui M. Ayu Siregar selaku Sub Koordinator Kumpulan Jabatan Fungsional Bidang kesehatan masyarakat mengungkapkan, Dinas Kesehatan Provsu melakukan Roadshow ke sejumlah kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Utara guna melakukan sosialisasi guna menindaklanjuti instruksi presiden RI No. 1 Tahun 2017 tentang Germas.

Bacaan Lainnya

Menurut M. Ayu, Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatan aktivitas fisik, Peningkatan perilaku hidup sehat, Penyediaan pangan sehat, percepatan perbaikan gizi, Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, Peningkatan kualitas lingkungan, serta Peningkatan edukasi hidup sehat.

“Germas ini sangat bermanfaat bagi kita semua, jadi kami berharap bapak/Ibu dapat membantu mensosialisasikan Germas ini dilingkungan kita masing-masing,” ungkap M. Ayu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Frimansyah Hulu.Mkes, dalam arahannya menyampaikan tentang pentingnya berperilaku Hidup sehat, yang diawali dari diri sendiri.

“Kegiatan ini bukan lagi hal yang baru kita dengar, tapi melalui kegiatan ini dapat kita awali menjadi budaya hidup sehat yang dapat kita mulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan”, tutur Firmamsyah Hulu.

Firmansyah menjelaskan, dengan hidup sehat dapat mencegah dari berbagai Penyakit sehingga dapat meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan.

“Meski demikian, untuk menjaga kesehatan kita juga perlu menghindari makanan siap saji yang rentan dengan bahan pengawet, serta kurangi asupan makanan yang banyak mengandung Garam, Gula dan Lemak dengan kadar yang tinggi seta memeriksa kesehatan secara berkala,” Ujar Firmansyah Hulu.

Kegiatan Pembudidayaan Germas diakhiri dengan penadatanganan Komitmen yang dihari Kadis Kesehatan kota Sibolga, Camat dan Lurah se-Kota Sibolga, para Kepala Puskesmas, Pengurus PGRI serta para Tokoh Adat dan Tokoh Organisasi kemasyarakatan Kota Sibolga.(Edy butar butar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.