Kenapa Harga Ikan di Sibolga Mahal, Ternyata Ini Alasannya

  • Whatsapp
Ket foto : Pasar ikan di Jalan Balam Sibolga (foto Istimewa)

Sibolga | SinarlintasNews.com – Kenapa ya, harga ikan saat ini  naik?, tentunya kita semua bernya-tanya demikian, apa lagi kita tinggal di tepi pantai yang kaya akan ikan.

Bahkan, Kota Sibolga dikenal sebagai Kota ikan. Nah,.. Hal inilah yang membuat saya menelusuri dan mencoba mencaritau apa yang sebenarnya terjadi, kenapa dan mengapa.

Bacaan Lainnya

Penelusuran saya mulai dari Jalan Malam Kota Sibolga yang dikenal sebagai salah satu pemasaran ika terbesar di Kota Sibolga. Berbagai jenis ikan dari yang kecil hingga ikan besar, seperti ikan tuna, Marlin, cakalang, sisik dan juga berbagai jenis ikan karang dapat kta temukan disana dengan harga yang bervariasi.

Dari sejumlah narasumber yang saya temui, mulai dari kaum ibu-ibu yang berjualan ikan di sepanjang jalan hingga kepada para pemasok dan pengirim ikan ke luar daerah.

Ternyata, keluhan dan pendapat mereka semua merata, harga ikan naik hampir mencapai 10% dikarenakan minimnya hasil tangkapan para nelayan.

Hal tersebut di akibatkan cuaca buruk yang melanda pantai barat sumatra utara dalam beberapa minggu terakhir hingga sampai saat saya menelusuri langsung kelapangan.

Dari keterangan Ibu Dewi, salah satu penjual ikan di pasar jalan balam mengatakan, harga ikan saat ini naik dari minggu terahir ini.

Harga ikan kembung biasanya 25 ribu naik jadi 40 ribu, ikan sisik dari harga 25 ribu naik jadi 35 ribu, ikan sare dari harga 18 ribu naik jadi 35 ribu, begitu juga ikan gambolo dari harga 30 ribu sekarang naik jadi 45 ribu.

“Tingginya harga ikan memberikan dampak buruk kepada kami para penjual, karena ikan tidak seperti biasannya, sudah ikan yang sedikit, pembelipun berpikir panjang membeli karena harga yang jauh berbeda dari hari-hari sebelumnya,” kata ibu Dewi.

Meski demikian, saya juga coba berbagi rejeki dengan ibu Dewi, Saya membeli ikan dagangannya walau tidak seberapa, tapi setidaknya bisa memberi semangat dalam berusaha

Meski harga ikan saat ini tergolong mahal, setidaknya kita masih bisa menikmati ikan-ikan segar. Kita berharap cuaca ini cepat kembali normal, sehingga para nelayan kita juga lebih tenang melaut dan harga ikan juga kembali normal.

Penulis: Cahaya Andriani Pasaribu
Mahasiswa : STPK Matauli Pandan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.