Karier Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, MAP Selama 27 Tahun Mengabdi Sebagai ASN di Kota Sibolga

  • Whatsapp
Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, MAP

Sibolga | Sinarlintasnews.com – Hidup ini ibarat sebuah novel, ditulis dan diceritakan dalam sebuah buku yang apik dan menarik.

Begitulah perjalanan hidup seseorang, dilalui tahap demi tahap. Begitu pula perjalanan hidup Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, MAP, ibarat novel yang diceritakan dalam sebuah kisah panjang, unik, menarik, suka, duka, dan ujungnya ditutup dengan sebuah epilog.

Bacaan Lainnya

Sebagai ASN profesional, jujur dan humanis, Ahmad Sulhan Sitompul berkiprah di Pemkot Kesibolga selama 27 tahun. Ahmad Sulhan Sitompul memiliki pengalaman luar biasa sepanjang perjalanan kariernya mengabdi pada masyarakat, bangsa, dan negara.

Pada Prinsipnya, pelayanan publik sebenarnya sangatlah simpel, yakni kita sebagai ASN harus melayani publik dalam hal ini adalah masyarakat umum dan sesama ASN lain. Pelayanan publik ini memiliki beberapa nilai, salah satunya adalah Responsif. Maknanya adalah dalam penyelenggaraan pelayanan publik Instansi/OPD wajib mendengar dan menenuhi tuntutan kebutuhan warga negaranya.

Tidak hanya terkait dengan bentuk dan jenis pelayanan publik yang mereka butuhkan akan tetapi juga terkait dengan mekanisme penyelenggaraan layanan, jam pelayanan, prosedur dan biaya penyelenggaraan pelayanan. Oleh sebab itu, sebagai ASN harusah mendengar aspirasi dan keinginan masyarakat yang menduduki posisi sebagai agen/majikan dari sebuah pemerintahan. Hall tersebutlah yang diterapkan Ahmad Sulhan Sitompul selama mengabdi sebagai ASN di Kota Sibolga.

Untuk terus berbuat dan melayani masyarakat, Ahmad Sulhan Sitompul memutuskan untuk mundur sebagai seorang ASN, beberapa waktu lalu dan mencalonkan diri sebagai Calon Wali Kota Sibolga periode 2020 – 2025.

Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, MAP, lahir di Sibolga pada tanggal 25 Februari 1965 dan menikah dengan Hj. Nurzalecha Situmorang dan dikaruniai tiga orang anak, yaitu Ahmad Irham Sitompul, Nur Iffata Sitompul, dan Ahmad Fajar Ikhsan Sitompul.

Ahmad Sulhan Sitompul memulai kariernya sebagai ASN dari tahun 1996 Di tempatkan sebagai Kasi Analisa dan Penelitian Bappeda Tk. II Kota Sibolga hingga tahun 1998. Karier Ahmad Sulhan Sitompul kian melejit, di tahun 1999 – 2001 diangkat sebagai Kasubbag Kesekretariatan dan Perekaman Medik di RSUD FL. Tobing Kota Sibolga.

Selanjutnya, Dari tahun 2005 – 2007, diangkat sebagai Pj. Lepala Tata Usaha Perindakop Kota Sibolga. Karier Ahmad Sulhan Sitompul selanjutnya dipercayakan sebagai Kabid Kepegawaian pada Dinas Sosial Kota Sibolga pada tahun 2007.

Berkat Keahlian dan pengalaman Ahmad Sulhan Sitompul, pada tahun 2011-2012, dipercayakan sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil kota Sibolga.

Pada tahun 2012, Ahmad Sulhan Sitompul diangkat sebagai Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik, Kenasyarakatan, dan SDP pada sekretariat Pemko Kota Sibolga hingga tahun 2014.

Selama dua tahun Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, Politik, Kenasyarakatan, dan SDP pada sekretariat Pemko Kota Sibolga, Ahmad Sulhan Sitompul kembali dipercayakan sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Sibolga dari tahun 2014 hingga mengundurkan diri pada bulan Mei tahun 2020 lalu karena mencalon sebagai Wali Kota Sibolga.

Selama menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan sipil kota Sibolga, Ahmad Sulhan Sitompul juga mendapat penghargaan dari Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk dan dari Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi.

Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan sama sama memiliki pengalaman dalam mengelola pemerintahan dan mengetahui betul kebutuhan dan harapan masyarakat.

Selama 27 tahun mengabdi di panggung birokrasi bergelut melayani dan berinteraksi langsung dengan masyarakat selama ini. Ahmad Sulhan Sitompul memilih jalur lain sebagai ladang pengabdian kepada masyarakat.

Di usia 55 tahun, Ahmad Sulhan Sitompul mundur sebagai ASN, sesuai komitmen di internal keluarga untuk mencari jalur yang memungkinnya bisa lebih banyak berinteraksi dan berbuat untuk masyarakat yang lebih luas di kota Sibolga.

Ahmad Sulhan Sitompul memutuskan untuk ikut serta sebagai Calon kandidat Walikota Sibolga berpasangan dengan Edward Siahaan yang juga pensiunan PNS dibidang Panitera di Pengadilan Negeri Sibolga.

“Saya mundur karena saya ingin sekali membangun kota Sibolga yang kita cintai ini lebih baik lagi, melanjutkan pemerintahan pak Syarfi Hutauruk. Kalau masa pensiun, Saya masih ada waktu 5 tahun untuk pensiun, jabatan terakhir saya kadis Dukcapil. Tapi itu saya tinggalkan hanya karena ingin berbuat untuk kita masyarakat kota Sibolga,”ujarnya.

“Selama 27 tahun mengabdi, saya tau betul apa yang diinginkan masyarakat kita Sibolga baik dari berbagai elemen. Kemudian kami juga bisa menjadi Calon karena didukung langsung oleh masyarakat. Tanpa masyarakat itu sendiri memberikan dukungan, kami tidak ada apa apanya”

“Untuk itu saya terus memohon doa dan dukungan. Mari kita bersama sama menjadikan Sibolga yang Nyaman, Sejahtera dan Transparan. Kita sudah melangkah jauh, tinggal sedikit perjuangan kita. Mari menangkan Pasangan Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan pada 9 Desember yang tinggal beberapa hari lagi ini,”sambungnya.

Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan maju sebagai Calon Wali Kota dan Wakil walikota Sibolga dari jalur perseorangan yang didukung langsung oleh masyarakat. Dan diterapkan calon Wali Kota dan Wakil walikota Sibolga oleh KPU Sibolga dengan nomor urut 3.

Pasangan Ahmad Sulhan Sitompul dan Edward Siahaan sama sama komitmen untuk menjadikan Kota Sibolga yang Nyaman, Sejahtera dan Transparan.

Ahmad Sulhan Sitompul memang dikenal sebagai sosok yang bermasyarakat, peduli dan suka membantu anak anak yatim dan fakir miskin.

Setiap tahunnya Ahmad Sulhan Sitompul mengumpulkan para anak yatim, lansia dan fakir miskin di kota Sibolga untuk disantuni.

Kepedulian ini membuat Ahmad Sulhan Sitompul sangat layak untuk menjadi kepala daerah. Sehingga dapat tujuannya untuk menekan angka kemiskinan disibolga dapat tercapai.

Selain dikenal mudah bergaul dan memasyarakat, Ahmad Sulhan Sitompul sosok yang taat beragama. Bahkan dirinya juga dipercaya sebagai Ketua Pengajian Sitompul Boru Bere Sibolga Tapteng.

Ia juga dipercaya sebagai Penasehat Pasundan Muslim Situmorang Boru Bere Sibolga Tapteng. Perkumpulan Amal Sosial Al Hidayah Sibolga, Ketua BKM Mesjid Al Hidayah Sibolga, Bendahara Masjid Agung Sibolga, dan KAHMI Sibolga Tapteng.

Dibidang olahraga, Ahmad Sulhan Sitompul  juga dipercaya sebagai Ketua pelti (Persatuan Lawn Tenis Indonesia) Kota Sibolga, dan juga dipercaya sebagai Pengurus Koni Kota Sibolga.

Sosial Budaya juga menjadi target mereka untuk dikembangkan, sebagai Kota terbilang kaum, Ahmad Sulhan Sitompul ingin mengembangkan seluruh budaya semua etnis yang ada di Kota Sibolga.

Ahmad Sulhan Sitompul juga dikenal sebagai sosok yang rajin berolahraga, tangerang ia mendapat hadiah dari olahraga yang ia tekuni. Badminton dan lari merupakan olahraga yang paling iya sukai.

Bahkan dalam visi misinya, Ahmad Sulhan Sitompul akan mengembangkan olahraga di Kota Sibolga. Ia juga berjanji akan membenahi dan membangun Stadion Horas untuk meningkatkan daya tarik masyarakat untuk berolah raga.

Drs. H. Ahmad Sulhan Sitompul, MAP

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *