Danrem 023/KS Lepas 392 Siswa Kelas XII SMAN 1 Matauli

  • Whatsapp
Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto saat memeriksa Siswa pada upacara Purnawiyata Kelas XII SMA Matauli Pandan angkatan ke XXVII tahun 2023, Selasa 11/4/2023).

Tapanuli Tengah | SinarlintasNews.com – Usai melaksanakan ujian sekolah sejak tanggal 3-10 April 2023, sebanyak 392 siswa/i Kelas XII SMA Negeri 1 Matauli Pandan tahun yang dinyatakan lulus secara resmi dilepas Danrem 023/KS selaku pembina upacara pada kegiatan Pelepasan Angkatan XXVII tahun pembelajaran 2022/2023, Rabu (12/4) di halaman upacara SMAN 1 Matauli Pandan.

Danrem 023/KS, Kolonel Inf. Dody Triwinarto dalam sambutannya selaku pembina upacara mengatakan, sangat bangga melepas siswa Kelas XII Angkatan XXII SMA Matauli.

Bacaan Lainnya

“Melihat ade-ade seperti ini, mengingatkan saya 30 tahun yang lalu saya lulus dari SMU Negeri 4 dengan penuh harapan mencapai cita-cita. Saya berpesan kepada ade-ade railah cita-citamu setinggi langit, kesuksesan tidak ada diperoleh secara instan,”ujar Dody.

Pada kesempatan itu, Dody juga juga berpesan apabila diantara siswa/i tersebut ada yang ingin bergabung menjadi TNI, agar mempersiapkan fisik, kesehatan, akademik yang baik.

“Korem siap melatih ade-ade. Ingat, jika ingin sukses di hari tua, maka harus siapkan di masa muda. Tetap slalu bersyukur hingga kita lupa bagaimana rasanya mengeluh,”ucap Dody.

Sebelumnya, Kepala SMAN 1 Matauli Pandan, Deden Rachmawan dalam laporannya menyampaikan bahwa siswa Kelas XII Angkatan XXVII tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 300 siswa jurusan IPA dan 92 Siswa jurusan IPS telah mengikuti ujian sekolah.

Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto saat memeriksa barisan pada upacara Purnawiyata Kelas XII SMA Matauli Pandan angkatan ke XXVII tahun 2023, Selasa 11/4/2023).

“Berdasarkan panduan pembelajaran dan asesmen dari badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikn kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik indonesia tahun 2022 tentang syarat kelulusan dan rapat pleno kelulusan siswa pada 10 April 2023, diputuskan bahwa siswa jurusan IPA sebanyak 300 siswa dinyatakan lulus 100 persen dan jurusan IPS sebanyak 92 siswa dinyatakan lulus 100 persen,”kata Deden.

Deden juga menuturkan, 33 siswa SMAN 1 Pandan juga telah dinyatakan lulus diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Danrem 023/KS Kol Inf Dody Triwinarto saat memeriksa Siswa pada upacara Purnawiyata Kelas XII SMA Matauli Pandan angkatan ke XXVII tahun 2023, Selasa 11/4/2023).

“Dan sebagian besar siswa masih akan mengikuti seleksi nasional berdasarkan Tes (SNBT) pada tanggal 8 sampai 28 Mei 2023, seleksi Taruna Akademi TNI/Polri dan seleksi masuk Sekolah Kedinasan,”sebut Deden.

Selain itu, Deden juga membeberkan bahwa sebanyak 4 siswa SMAN Matauli Pandan telah diterima di Perguruan Tinggi Luar Negeri dan mendapat beasiswa dari pemerintah RI. Sementara untuk penerima Bintang Matauli Adhi Pratama Emas diraih oleh Adella Rizka Afifah Kelas XII IPA 1, Perak diraih oleh Grace Sarah Situmeang Kelasa XII IPA 4, dan Perunggu diraih oleh Putri Alya Safira Kelas XII IPS 1.

Pada kesempatan yang sama, Deden juga mengucapkan terimakasi kepada Danrem 023/KS, Pj Bupati Tapteng, Kapolres Tapteng, Dandim 0211/TT, Dansatradar 234 Sibolga, Kejari Sibolga, Kepala Cabdis Wilayah X Dinas Pendidikan Provsu atas segala perhatian dan dukungan sehingga program pendidikan di SMAN 1 Matauli Pandan dapat berjalan lancar.

“Demikian laporan ini disampaikan, mohon kiranya bapak Komandan Korem 023 Kawal Samudera selaku pembina upacara berkenan melepas secara resmi para siswa angkatan XXVII tahun pelajaran 2022/2023 untuk selanjutnya diserahkan kembali kepada orang tua masing-masing,”tutup Deden.

Tampak, upacara pelepasan siswa Kelas XII angkatan XXVII itu berjalan lancar dan juga dihadiri oleh Ketua Umum Yayasan Matauli, Fitri Krisnawati Tanjung serta para orang tua siswa.(Jerry)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *