Budidaya Ikan Lele di Gampong Ladang Gagal Total, Warga Mengeluh

  • Whatsapp
Kondisi salah satu kolam budidaya ikan lele di gampong Ladang sudah tidak beraktivitas

Meulaboh | Sinarlintasnews.com – Budidaya ikan lele masyarakat Gampong Ladang, Kecamatan Sama Tiga, kabupaten Aceh Barat mengalami panen gagal total, Minggu (11/4/21).

Budidaya yang berasal dari Dinas Perikanan Kabupaten Aceh Barat tahun anggran 2020 membangun sejumlah kolam ikan dengan ukuran 3 kali 4 meter persegi untuk tahap pertama dan tahap ke dua sedikitnya mrembuahkan hasil.

Bacaan Lainnya

Namun untuk tahap ke tiga di tahun 2021 ini, para pembudidaya mengalami penurunan drastis, bibit ikan yang yang ditabur didalam kolam mati. berbagai upaya telah dilakukan masyarat baik menggunakan Andronix dengan mengalirkan air menggunakan pipa di atas kolam menggukana bantuan mesin, hingga membuat perlindungan dengan cara menanam sayur kangkung, namun bibit ikan tetap mengalami gangguan dan mati.

Dari kejadian tersebut, warga berharap, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Barat dapat menyalurkan bibit ikan yang baik dan berkualitas, sehingga usaha mereka tidak berakhir sia sia.

Hal ini pun dikeluhkan warga, budidaya yang sudah menjadi mata pencarian mereka berakhir sia sia. berbagai upaya telah mereka lakukan tidak membuahkan hasil, bibit ikan yang mereka tabur hampir secara keseluruhan mati total.

Sementara itu, Erni, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Aceh Barat saat dikonfirmasi mengaku masih belum mengetahui secara keseluruhan terkait budidaya ikan tersebut dikarenakan dirinya baru saja diamanantkan sebagai kadis Dinas.

“Saya akan berkordinasi dulu dengan Kabid saya, karena ini mereka yang mengetahuinya, kan saya baru saja jadi Kadis, jadi ini perlu kami diskusikan dulu dan mencari solusinya nanti,” ujar Erni.

Pantauan dilapangan, sejumlah kolam ikan milik warga Gampong Ladang sudah kosong dan tidak melakukan aktivitas apapun.(Muhibbul).

Kondisi salah satu kolam budidaya ikan lele di gampong Ladang sudah tidak beraktivitas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *