Korem 023/KS Sibolga Gelar Sosialisasi Binkom Cegah Konflik Sosial

  • Whatsapp
Pelaksaan laporan kegiatan Sosialisasi Binkom AGHT, kepada Kasrem 023/KS Letkol Arm. Denny Engel Rupining

Sibolga | Sinarlintasnews.com – Korem 023/KS Sibolga menggelar sosialisasi Pembinaan dan Komunikasi (Binkom) Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) cegah konflik sosial di wilayah satuan Korem 023//KS yang dilaksanakan di Aula Gupala Makorem Jl. Datuk Hitam, Kota Sibolga (9/9/2020).

Danrem 023/KS, Kolonel Inf Febriel B. Sikumbang S.H., MM yang diwakili oleh Kasrem 023/KS Letkol Arm. Denny Engel Rupining, Binkom AGHT tersebut dapat memberikan pedoman untuk menghadapi masa konflik sosial Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Sibolga.

Bacaan Lainnya

“Diharapkan dengan Binkom ini semakin dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas insan intelijen dalam menghadapi setiap ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di wilayah kita ini,” ujar Letkol Arm. Denny Engel Rupining

Sementara itu, Ketua Tim Binkom AGHT, Kolonel Arm. Rudi Chandra Yadi, Mewakili Asisten Intelijen Kasad dalam sambutannya, menyampaikan beberapa penekanan di antaranya yakni mengajak untuk selalu bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah berbagai permasalahan yang terjadi.

Kolonel Arm. Rudi Chandra Yadi menjelaskan, dalam UU RI Nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial disebutkan, bahwa penanganan konflik adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana dalam situasi dan peristiwa baik sebelum, pada saat, maupun sesudah terjadi konflik, penghentian konflik dan pemulihan pasca konflik.

“Pencegahan konflik dilakukan dengan upaya memelihara kondisi damai dalam masyarakat, mengembangkan sistem penyelesaian perselisihan secara damai, meredam potensi konflik serta membangun sistem peringatan dini. Kegiatan Binkom mencegah konflik sosial di wilayah Korem 023/KS merupakan salah satu upaya preventif melalui metode ceramah dan tanya jawab,” jelas Ketua Tim Binkom AGHT, Kolonel Arm. Rudi Chandra Yadi

Selain itu, Kolonel Arm. Rudi Chandra Yadi juga meminta kepada peserta Binkom, apabila terdapat hal-hal mengarah pada potensi konflik untuk segera melaporkannya kepada pihak berwenang sehingga upaya preventif dapat ditempuh guna menghindari kerugian.

Ia juga mengharapkan jajaran Korem 023/KS dan sekaitan dengan Pemilu, agar selalu bekerja sama dengan instansi terkait sehingga apabila terjadi hal-hal tidak diinginkan dapat segera diinformasikan dan dikoordinasikan kemudian dicarikan solusi terbaik.

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Sibolga, AKP Agus Adhitama, SE dalam sambutannya selaku narasuber dalam kegiatan pelaksanaan Binkom AGHT menyampaikan beberapa penekanan di antaranya mengajak untuk selalu bekerja sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah berbagai permasalahan yang terjadi.

Hadir dalam kegiatan turut dihadiri Asisten Intelijen Kasad yang diwakili oleh Kol. Arm. Rully Chandra Yadi, didampingi Letkol Chb. Dayat Dwi Aryanto, Letkol Inf Jarkasi, dan Serka Yusuf Anrianto.

Kasrem 023/KS Letkol Arm. Denny Engel Rupining, Kasi Intel Rem 023/KS Letkol Arh Utama Rusdiyaman, Kasiter Korem 023/KS Letkol Inf Edi Haryanto, Kasiren Korem 023/KS Letkol Arm Masturi, Pasi Log Rem 023/KS Mayor Inf Ibnu Hajar, Pasi Pers Rem 023/KS Mayor Inf J. Situmeang
Pasi Intel Rem 023/KS Mayor Inf David Sidabutar, Para Pasi Intel Kodim Jajaran Rem 023/KS, serta perwakilan masyarakat di seluruh Wilayah Korem 023/KS.

Sedangkan narasumber Kasasad Intelkam Polres Kota Sibolga AKP Agus Adhitama,SE dan Kakesbangpol Kota Sibolga Hasuduan P. Siahaan, SE.

Kegiatan juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19, dengan mengunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

Pelaksaan laporan kegiatan Sosialisasi Binkom AGHT, kepada Kasrem 023/KS Letkol Arm. Denny Engel Rupining

Penuli : Jerry

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *