Taukah Anda Selain Telur Ayam dan Bebek Ternyata,Telur Ikan Tidak kalah Kaya Manfaat Nya Juga

  • Whatsapp

Sinarlintasnews.com – Selama ini pastinya bagi kita sudah tidak asing lagi yang nama nya menu makanan yang utama yaitu Ikan dimana ikan ini adalah makanan sumber protein dan lemak yang baik. Namun jika selama ini banyak dari kita para pengkonsumsi ikan hanya mengonsumsi dagingnya saja, kenapa tidak coba juga mengolah telur ikan secara khusus menjadi lauk pelengkap menu makan ? Gizi telur ikan tidak kalah dengan dagingnya, lho !          

Telur ikan (sumber : foto pribadi)

      

Bacaan Lainnya

Pada umumnya suatu spesies ikan terdiri dari dua jenis kelamin, betina dan jantan. Penentuan jenis kelamin ikan dapat dilakukan dengan mengetahui perbedaan ciri kelamin (seksual) pada ikan jantan dan ikan betina. Ciri seksual ikan dapat dibagi menjadi dua, yaitu ciri seksual sekunder dan ciri seksual primer

Pelaksanaan praktikum di lab.Sekolah Tinggi Perikanan Kelautan Matauli   (sumber : foto pribadi)

 

  • Gonad, kelamin pada semua vertebrata terpisah, kecuali ikan berkerangka tulang
    • Testis merupakan sepasang alat berukuran sedang yang masing-masing mempunyai sejumlah besar tubulus seminiferus yang berliku-liku
    • Ciri-ciri matang gonad jantan:Papila genitalnya yang terletak di belakang,mendekati sirip anus,berwarna merah,serta meruncing.
  • Ciri-ciri matang gonad betina dari bentuk,agak lembek,lubang saluran telur terlihat memerah dan membengkak.
    • Berdasarkan data hasil pengamatan dapat diketahui
    – Fase perkembangan : Tkg II
    – Berat gonad : II, I gram
    • Testes ikan ditopang secara memanjang oleh, mesentries didalam testes tersebut
    • Gonad merupakan semacam kantung dan mempunyai lamella yang masuk kedalam laumensentral
    • Faktor yang mempengaruhi pembentukan gonad seperti curah hujan, suhu, sinar matahari.
Gambaran gonad jantan dan betina pada ikan Rastrelliger (ikan kembung) (sumber : foto pribadi)

Semua kalangan pasti pernah mengkonsumsi namanya Telur ayam dan bebek maka dari itu pasti sudah tidak asing lagi menjadi makanan sehari-hari dan memiliki protein yang tinggi,begitu pula dengan telur bebek yang sering digunakan sebagai puding penambah stamina tubuh Tapi taukah  para pembaca kalau telur ikan belum banyak yang mengetahui manfaatnya untuk tubuh.

Telur ikan memang ukuranya cukup kecil tapi dengan jumlah yang tidak bisa terhitung. Biasanya makanan ini disajikan untuk toping makan khas Jepang yakni sushi.

Tetapi walaupun bentuk nya yang kecil dan sangat halus bisa dikatakan bahwa telur ikan itu  kecil-kecil cabe rawit. Sebab, gizi yang terdapat dalam telur ikan cukup besar tidak kalah dengan dagingnya loh.

Bisa dikatakan telur ikan ini dapat di hidangkan ditempat umum yang  disajikan di Indonesia,namun masih langkah untuk kita menjumpai hidangan telur ikan ini sementara untuk daging ikan tersendiri merupakan salah satu makanan kegemaran yang telah dicicipi seluruh orang Indonesia,bahkan keluar negri tentunya terkhusus Indonesia yang memiliki begitu banyak bentangan laut yang luas dan yang memiliki tempat tinggal di dekat laut atau sungai.

Telur ikan memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Berbagai macam telur ikan memiliki berbagai khasiat yang berbeda-beda pula. Namun, secara umum ada beberapa kandungan telur ikan yang sama.

Telur ikan yang biasanya dikonsumsi adalah, telur salmon, kakap, cakalang, gurame,Kembung dan mas. Tetapi jenis ikan juga berpengaruh terhadap manfaat setiap kandungan gizi yang diberikan oleh ikan tersebut.Adapun berbagai kandungan umum yang terdapat pada si telur ikan sebagai berikut :

1. Protein

Daging ikan sudah diketahui sangat tinggi protein.Begitu juga ada dalam telur-telurnya. Telur ikan berguna untuk memperbaiki kerusakan jaringan dalam tubuh seseorang, tak hanya itu, manfaat lainnya bisa menpercepat penyerapan kalsium serta bagus untuk antibodi. Dalam 100 gram telur ikan ternyata memiliki kandungan protein yang kurang lebih berkisar 24-30 gram.

  1. Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Telur ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dari berbagai jenis ikan yang ada,jenis lemak yang terdapat pada telur ikan ini dapat memberi segudang manfaat kesehatan untuk tubuh, antara lain mencegah terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah dan juga pengerasan pembuluh darah yang bisa mengganggu kerja jantung, menurunkan kadar kolesterol dan,menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan radikal bebas, serta mendukung proses kecerdasan otak.

3. Vitamin B12

Telur-telur ikan juga mengandung beragam jenis vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin B12 yang baik untuk kesehatan otak. Tubuh juga membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah serta memaksimalkan fungsi asam lemak dengan baik. Nah,kita bisa mendapatkan asupan vitamin B12 ini dalam produk hewani, termasuk dalam telur ikan.

4. Vitamin D dan Mineral

Selain vitamin B12, telur-telur ikan juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan agar tulang semakin kuat, kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang, magnesium, dan zat besi.

Maka setelah kita ketahui berbagai manfaat kesehatan yang terkandung dalam telur ikan, tidak ada salahnya kita memulai untuk mengonsumsi telur ikan ini secara teratur, Itulah beberapa ulasan mengenai kandungan gizi yang terdapat pada telur ikan untuk memberikan kesehatan pada tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.