Mengenal Ikan Lemuru ( Sardinella lemuru )

  • Whatsapp
Noveryanti Naibaho Asisten Dosen Tekhnologi Penangkapan Ikan

Ikan Lemuru atau biasa dikenal dengan ikan sarden merupakan jenis ikan Pelagis kecil . Ikan Lemuru merupakan ikan yang lebih banyak dijadikan sebagai ikan asin , dan ikan kaleng sebagai ikan sarden.

Bacaan Lainnya

Di kutip dari wikipedia Klasifikasi ikan lemuru dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Morfologi atau bentuk tubuh – ikan lemuru memiliki bentuk tubuh bulat panjang dengan bagian perut agak membulat, bentuk kepala yang lancip dan licin serta memiliki bentuk mulut terminal, Ikan lemuru termasuk kedalam golongan ikan yang tidak berahang dan terdapat sepasang lobang hidung (monorhinous), mata terletak di sisi kanan dan kiri daerah kepala.

Ikan Lemuru memiliki kulit pembungkus tubuh yang terdiri dari lapisan Epidermis dan lapisan dermis, kulit pada bagian luar juga memiliki sisik tetapi tumpul dan tidak terlalu menonjol. Ikan lemuru juga memiliki Linea lateralis (Gurat sisi) yang merupakan garis samar-samar di sisi tubuh ikan Lemuru dari wilayah operkulum (Tutup insang) kebelakang tubuh hingga pangkal ekor, gurat sisi sangat berperan penting yaitu untuk mengetahui perubahan getaran dan pergerakan pada kolom air sekitarnya atau dapat juga di sebut sebagai indera keseimbangan.

Pada umumnya, ikan memiliki 5 Sirip yang membantu ikan bergerak di perairan. Ikan Lemuru juga memiliki sirip yang dapat membantu ikan pelagis kecil ini berenang bebas di perairan seperti sirip Punggung (Dorsal), Sirip dada (Pectoral), sirip perut (Ventral), sirip anus (Anal), sirip ekor (kaudal). Sirip yang terapat pada ikan Lemuru merupakan jari-jari sirip lemah.

Dok. pribadi

Sistem pernapasan, sistem pencernaan– Ikan lemuru bernafas menggunakan insang yang mampu menangkap oksigen yang larut dalam air, agar mampu menangkap oksigen, insang harus selalu dalam keadaan basah, selain itu insang juga memiliki beberapa komponen yang memiliki seperti tapis insang ( gill rakers), tulang lengkung insnag (gill arch) dan fillamen insang (gill fillaments).

Insang Ikan Lemuru (Dok.pribadi)

Pada sistem pencernaan pada ikan lemuru terdiri dari beberapa organ yang menyatu menjadi satu saluran, makanan akan masuk kemulut, mulut pada ikan lemuru sempit dan protactile, setelah melalui mulut makanan akan masuk menuju tekak, dan masuk ke insang untuk di saring dan menuju ke kerongkongan dan akan masuk ke lambung dan pilorik dan menuju usus, dilihat dari panjangnya usus ikan lemuru, maka ikan ini disebut juga dengan ikan herbivora, dan makanan utama pada ikan lemuru adalah Plankton.

Usus ikan lemuru (dok.pribadi)

Yang terakhir pada pengenalan ikan lemuru ini adalah pada sistem reproduksi, dimana pada populasi ikan dewasa terdiri dari ikan jantan dan betina, alat kelamin yang terdapat didalam rongga tubuh ikan jantan disebut testes, sedangkan gonad terdapat pada rongga tubuh ikan betina disebut ovari.

Testes/Kelamin jantan

(Dok.pribadi)

Penulis  

Nama : Sofie Amanda Simanjuntak

Nim : 19010017

Prodi : Tekhnologi Penangkapan Ikan

Dosen Pembimbing : Teguh Heriyanto S.Pi,M.Si

Asisten Dosen : Noveryanti Naibaho

 

Noveryanti Naibaho Asisten Dosen Tekhnologi Penangkapan Ikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.