Peduli Kesehatan Petugas Kebersihan, Fitriani Manurung Berbagi APD dan Sembako

  • Whatsapp

Medan | Sinarlintasnews.com -Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan Hj. Fitriani Manurung, S.Pd, M.P membagikan Alat Pelindung Diri (APD) dan vitamin dan sembako kepada para petugas Kebersihan saat sedang memgangkut sampah rumah tangga di Jalan Flamboyan Raya Kota Medan, Minggu (12/4/2020).

Fitriani menyebutkan masing-masing petugas operasional dibekali hand sanitizer, sarung tangan, masker dan diberikan tambahan vitamin C dan juga sembako. Para petugas teraebut terdiri dari supir, kru angkut sampah, dan tukang sapu.

Dikatakanya, saat melihat petugas kebersihan yang mengangkut sampah tidak menggunakan masker dan dan sarung tangan. Hal tersebut Fitriani kawatir kesehatan mereka dan keluarga. Ditengah pandemik covid-19 saat ini, petugas kebersihan tetap melayani masyarakat meski pada konsosi seperti saat ini. Sehingga virus corona juga rentan hinggap kepada petugas kebersihan.

“Petugas Kebersihan salah satu garda terdepan yang juga tidak libur dan tetap bekerja dalam situasi ini, mereka ini sangat rentan dengan penyakit, apa lagi mereka tidak memakai masker,” katanya.

Dikatakannya, Sebelum corona merebak masker dan sarung tangan hanya terkonsentrasi di tempat dan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit atau klinik. Namun saat ini kedua barang tadi sudah masuk menjadi sampah rumah tangga.

“Gunakanlah masker dan hand sanitizer ini saat bekerja, agar terhindar dari bahaya penularan virus Covid-19.Utamakalah kesehatan, sayangi keluarga anak istri, tetangga kita, jika sakit bagaimana keluarga, rezeki sudah diatur Tuhan, asal kita tetap sehat rezeki tak kemana. Saat ini wabah covid-19 ini sangat kita kawatirkan, tetaplah menggunakan pelindung, masker sarung tangan dan juga hand sanitizer. Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati,” kata Fitriani.

Selain itu, Fitriani juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. Selain mengurangi timbulan sampah, sekaligus menghindari penyebaran virus corona dan meningkatka perilaku hidup bersih dan sehat.

Seperti diketahui, dampak Virus corona atau covid-19 luar biasa menyebabkan perubahan di berbagai sendi kehidupan masyarakat. Salah satu dampaknya ekonomi menyebabkan pendapatan masyarakat kecil seperti tukang parkir, ojek dan pedagang kecil berkurang drastis.

Bahkan mecapai 50% bahkan lebih dari penghasilan sehari-hari, bahkan ada yang tidak ada pemasukan sama sekali.

Hal inilah yang menimbulkan empati kemanusian Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan Hj. Fitriani Manurung turun kelapangan dan berbagi kasih dengan warga. Dianaranya para driver ojol, tukang becak, tukang parkir, petugas kebersihan, dan juga warga terkena dampak corona.

“Kegiatan ini adalah inisiatif bersama dengan relasi dan teman teman untuk membatu sesama di tengah kehidupan sekarang yang di rasakan masyarakat sulit akibat dampak virus 19,” unhkapnya.

Menurut Fitriani Manuring, saat ini Sistem nilai spritualitas keadaban memaknai misi kemanusiaan ini. Tuhan Yang Maha Kuasa, Maha Pengasih Dan Penyayang telah dan selalu memberkati dan mengingati kita untuk berbagi kasih dan berkat dengan sesama manusia terutama yang sungguh-sungguh amat membutuhkan.

“Kita berharap mereka ini diperhatikan agar mereka dapat terus bertahan selama wabah covid 19 ini, dengan diberikannya masker dan hand sanitizer dan sembako, dapat sedikit membatu mereka dan terhindar dari bahaya penularan virus Covid-19,” jelas Fitriani.

TIPS Menghindari Coronavirus (Covid-19) Versi

Hj. Fitriani manurung, S.Pd, M.Pd

 

Kenali karakteristik virus corona Covid-19

Virus corona bisa bertahan di beberapa tempat dalam waktu berikut:

  • Di udara =  3 jam
  • Tembaga dan aluminium = 3-4 jam
  • Sarung tangan operasi atau medis = 8 jam
  • Kertas karton atau kardus = 24 jam
  • Besi, baja, dan plastik = 2 – 3 hari
  • Kayu dan kaca= 4 hari
  • Kertas = 4-5 hari
  • Bahkan, dalam sejumlah kasus, virus ini bisa bertahan sampai 5 hari.

 

Berdasarkan data yang diperoleh dari WHO, organ pernapasan menjadi target utama infeksi virus corona. Bahkan sebanyak 87,9% pasien yang terjangkit mengalami gejala demam, batuk kering sebanyak 67,7%, dan merasa lelah sebanyak 28,1%. Penyakit paling umum setelah seseorang terinfeksi adalah mengalami pneumonia.

Meski memiliki daya tahan hingga berhari-hari, virus corona juga bisa dimatikan.

Pertama, dengan menyemprotkan desinfektan ke permukaan barang-benda yang berpotensi tertempel virus corona.

Kedua, dengan membersihkan permukaan benda menggunakan sabun, termasuk saat mandi dan cuci tangan.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Virus Corona Agar Tidak Tertular

Dengan mengenal karakteristik virus corona di atas, maka ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan agar tidak tertular COVID-19. Langkah ini bisa kamu terapkan mulai dari diri sendiri atau sedang berada di tempat umum.

Dari diri sendiri

1. Mencuci tangan

Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Awali dengan membasahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir. Lalu sabuni telapak tangan dan gosok semua permukaan kulit tangan, termasuk telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, minimal selama 20 detik. Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain bersih atau tisu.

Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Kamu juga perlu cuci tangan setelah dari luar rumah.

2. Siap sedia hand sanitizer

Jika tidak ada tempat untuk cuci tangan, kamu bisa menggantikannya dengan hand sanitizer. Ada banyak ragam produk hand sanitizer di pasar dengan kandungan alkohol mulai dari 30%. WHO merekomendasikan masyarakat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Sebab, hand sanitizer dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus COVID-19 yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Jika kandungan alkohol pada hand sanitizer  tidak sampai 60%, maka ini hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol kecil hand sanitizer dengan alkohol 60% atau lebih saat bepergian.

3. Jangan sentuh wajah

Ini sepele tapi sulit, karena seseorang bisa menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam. WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan sentuh wajah.

4. Konsumsi makanan bergizi

Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan.

Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa memacu produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Sayuran yang kaya vitamin C antara lain brokoli (dalam semangkuk) sebanyak 50mg. Konsumsi minuman berbahan rempah-rempah seperti jahe merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

5. Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor bisa meminimalkan paparan virus. Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga.

Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendisinfeksi.

6. Bawa alat makan sendiri

Bawalah selalu alat makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun hingga bersih. Karena virus corona memiliki daya tahan yang kuat di permukaan logam. Dengan membawa alat makan sendiri, kamu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. Karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Ketika berada di tempat umum

Selain dari upaya diri sendiri, kamu juga harus melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau Covid-19 di tempat umum.

1. Tidak melakukan kontak fisik

Virus corona bisa menyebar hanya dengan bersalaman. Oleh karena itu, saat ini kamu lebih baik jangan sembarangan memegang tangan orang lain. Hindari bersalaman, ganti dengan salam namaste atau menaruh tangan di dada.

2. Social distancing

Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona bisa dapat kamu lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Kenapa 1 meter? Karena ini adalah jangkauan percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang bicara. Amat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila kamu sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi kamu menularkan penyakit pada orang lain.

3. Menghindari transportasi umum

Jika terpaksa untuk bepergian, jangan menggunakan transportasi umum. Karena di transportasi umum banyak orang saling berbaur. Kamu tidak bisa melakukan social distancing di dalam transportasi umum. Tak jarang, malah sesama penumpang transportasi umum berdesak-desakan, sehingga rawan terjadi penularan virus corona.

4. Membersihkan meja saat akan duduk di restoran

Jangan asal duduk dan meletakkan kedua tangan di meja saat tiba di restoran. Bersihkan dulu meja menggunakan tisu kering dan tisu basah yang mengandung alkohol minimal 60%. Karena kamu tidak tahu siapa yang sudah menggunakan meja itu. Disinfeksi meja makan penting untuk mematikan virus yang menempel.

SEMOGA BERMANFAAT BUAT KITA SEMUA

By . Hj. Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.