Kasat Intelkam Polres Tapteng Ajak Masyarakat Mengantisipasi dan Mengatasi AGHT

  • Whatsapp
Kasat Intelkam Mapolres Tapanuli Tengah, AKP Trio Romi Manik, SH saat menyampaikan himbauan dan ajakan kepada masyarakat Mengatasi AGHT Guna Mencegah Konflik di Aula Gupala Makorem 023/KS Sibolga

Sibolga |Sinarlintasnews.com – Kasat Intelkam Mapolres Tapanuli Tengah, AKP Trio Romi Manik, SH Seluruh Komponen Masyarakat Mengantisipasi dan Mengatasi Ancaman Gangguan Hambatan dan Tantangan (AGHT) Guna Mencegah Konflik.

Hal tersebut diungkapkan AKP Trio Romi Manik dalam acara kegiatan Binkom AGHT yang digelar di Aula Gupala Makorem 023/KS, dengan Thema Peran Seluruh Komponen Masyarakat dan Pemerintah dalam Mengantisipasi dan Mengatasi AGHT Guna Mencegah Konflik.

Bacaan Lainnya

Hadir sebagai narasumber, AKP Trio Romi Manik mengungkapkan, bahwa bangsa Indonesia pada akhir-akhir ini sedang dihadapkan berbagai ujian dan tantangan baik itu yang berhubungan dengan pandemi Covid-19 maupun persoalan lainnya yang berpotensi munculnya konflik sosial ditengah masyarakat.

Menurutnya, Konflik sosial tersebut tentunya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat. Konflik sosial dipicu adanya perbedaan baik perbedaan kepentingan, kebudayaan maupun perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat yang mengakibatkan goyahnya norma dan nilai-nilai sosial.

“Bersama seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mencegah konflik sosial ditengah masyarakat, agar bangsa kita aman dan terhindar dari perpecahan. Akhir akhir ini beberapa konlik terjadi, baik dari segi politik, Sosial Budaya, Bahkan aksi terror seperti halnya yang terjadi di Gereja Katedral Makassar pada Minggu (28/3) lalu dan juga di kejadian di Mabes Polri, untuk itu, kita bulatkan tekad untuk bersatu, bersama seluruh komponen masyarakat, pemerintah dan aparat penegak hukum untuk mencegah konflik sosial ditengah masyarakat, agar bangsa kita aman dan terhindar dari perpecahan,” ujar AKP Trio Romi Manik.

AKP Trio Romi Manik, SH

Dikatakannya, Aksi terror yang terjadi di gereja Katedral Makasar merupakan aksi teror yang 522 di Indonesia sejak tahun 2000, keberlangsungan pembangunan nasional tidak pernah bebas dari ancaman keamanan.

“Dengan terdapatnya berbagai gejolak yang membahayakan keamanan nasional mulai dari pemberontakan, terorisme, separatisme, kerusuhan dan hingga terjadinya konflik sosial, menjadi pengalaman buruk, sehingga mengakibatkan terganggunya stabilitas keamanan nasional.  Melalui kegiatan ini kita berharap bias menjadi wahana untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi yang semakin erat guna bersama-sama, bahu membahu memperkuat dan memperkokoh persatuan kesatuan bangsa”, ujarnya.

Selain itu, AKP Trio Romi Manik  juga meminta masyarakat untuk segera melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila terdapat hal-hal yang mengarah pada situasi konflik, guna mencegah terjadinya konflik tersebut agar tidak menyebar ke masyarakat lainnya.

“Mari kita simak bersama kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga informasi dan pengetahuan ini dapat dipahami dan dipedomani dalam kita berkehidupan berbangsa dan bernegara. Kemudian, apa yang telah diterima ini untuk ditularkan kemasyarakat lain guna untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kita,” tutupnya.

Sebelumnya, Kegiatan yang di pimpin langsung oleh Danrem 023/ KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, SH, MM didampingi Kolonel Inf. Fransiscus Ari Suseno mewakili Asintel Mabes TNI AD juga menghimbau  kepada segenap peserta agar melakukan upaya-upaya seoptimal mungkin untuk memberikan kesadaran masyarakat dilingkungannya agar tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini adalah upaya prefentif agar peran seluruh masyarakat dalam penanganan potensi konflik dapat dicegah, baik itu konflik social, maupun konflik vertical yang sewaktu-waktu dapat timbul, sehingga dengan terprliharanya situasi damai, akan dapat mencegah terjadinya konflik,” ujarnya.

Kegiatan Binkom tersebut turut dihadiri sejumlah tokoh komponen masyarakat serta Jaringan Intelijen Korem 023/KS meliputi Kota Sibolga, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Tanah Karo, Kabupaten Dairi, Kota Gunung Sitoli dan Kabupaten Nias, dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Kaban Kesbang Linmas Kabupaten Tapanuli Tengah Wi Candry Limbong, ST, MM dan Kasat Intelkam Mapolres Tapanuli Tengah, AKP Trio Romi Manik, SH, Senin (5/4/21).

Kasat Intelkam Mapolres Tapanuli Tengah, AKP Trio Romi Manik, SH saat menyampaikan himbauan dan ajakan kepada masyarakat Mengatasi AGHT Guna Mencegah Konflik di Aula Gupala Makorem 023/KS Sibolga

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *