Peduli Kesehatan Ditengah Pandemi, Kapus Rundeng Gelar Aksi Gotong Royong dan Penyuluhan Kesehatan

  • Whatsapp
Giat Gotong Royong Puskesmas Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam

Subulussalam | sinarlintasnews.com – Ciptakan lingkungan bersih, Kepala Puskesmas Kecamatan Rundeng Kota Subulussalam mengajak masyarakat untuk bergotong royong menghadapi pandemi Covid-19, dan  penyuluhan tentang pandemi dan new normal, Sabtu (25/7/2020).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Puskesmas Rundeng Dr. Dewi Pelis menggelar kegiatan gotong royong bersama pra staf dan masyarakat di beberapa desa di Kecamatan Rundeng.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan itu juga, Dr. Dewi melakukan penyuluhan pelaksanaan protokol kesehatan, baik mencuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk ke tempat acara, serta memakai satu set masker dan sarung tangan selama penyuluhan.

Dr. Dewi menekankan kepada masyarakat bahwa era new normal ini bukan berarti kita kembali ke masa normal seperti sediakala. Melainkan menjalani hidup dengan disiplin melaksanakan protokol kesehatan karena kita terpaksa harus hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Kita harus mengantisipasi diri kita sendiri dengan protokol kesehatan. Kalau tidak penting sekali, jangan keluar rumah. Kalau memang harus, maka kita harus disiplin mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, siap sedia membawa hand sanitizer, dan menjaga jarak,” terang Dewi.

Terutama, lanjut Dewi, bagi masyarakat seusianya yakni di atas usia 60 tahun, sangat rentan terkena penularan dari orang lain. Salah satu yang harus memperhatikan sekitar mereka adalah anak-anak muda yang imunnya kuat sehingga kadang tidak merasa jika mereka adalah orang tanpa gejala (OTG),” tambahnya.

Dr. Dewi juga mengungkapkan, tingkat kesadaran warga terutama dalam hal penggunaan masker masih sangat kurang. Masih banyak sekali masyarakat terutama generasi muda yang berkerumun tanpa memperhatikan protokol kesehatan. Ini akan membuat penanggulangan Covid-19 menjadi semakin sulit.

“Kami ingin sekali mengedukasi warga dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini. Semoga setelah adanya penyuluhan ini kita semua dapat menghargai dan menjaga protokol kesehatan demi kesehatan kita semua,” ungkapnya.

Dr. Dewi menambahkan, dalam beberapa hari terakhir telah melakukan kunjungan dibeberapa desa dalam berbagai kegiatan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang New normal, pentingnya kesehatan lingkungan dan pentingnya adanya apotek hidup di sekitar halaman rumah, serta menghimbau penerapan protokol kesehatan.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat secara langsung bagi kita semua. harapan kita juga, dengan kegiatan-kegiatan seperti ini nantinya dapat mengubah mindset masyarakat menjadi lebih memahami dan saling menjaga kesehatan satu sama lain, di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Bagaimanapun gotong royong tetap harus diutamakan,” pungkas Dewi. (Syahbudin padang).

Giat Gotong Royong Puskesmas Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.