Satgas TMMD ke 108 Kodim 0211/TT Pemersatu Umat Beragama

  • Whatsapp
Keegiatan Satgas TMMd ke 108 Kodim 0211/TT melakukan permbersihan lingkungan dan perehapan rumah ibadah bersama warga

Tapanuli Tengah | Sinarlintasnews.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0211/TT selain mempunyai misi untuk membangun Desa, juga menjadi ajang pemersatu tolenrasi antar umat beragama di Desa Siantar Ca, Kecamatan Sosorgadong, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Ditengah kegiatan pengerjaan pembukaan jalan yang menghubungkan Desa Hutatombak, Desa Baringin dan Desa Siantar dolok sebagai sasaran TMMD yang terus berjibaku mengerahkan segala kemampuan mengejar penyelesaiannya, Satgas TMMD menyempatkan diri untuk bekersama dengan warga melakukan pembersihan dan pengecatan rumah ibadah.

Bacaan Lainnya

Gereja dan Mesjid yang ada di Desa Siantar Ca menjadi sasarat tambahan program Satgas TMMD melakukan perehapan dan pembersihan rumah Ibadah. Di desa Siantar Ca yang pada umumnya mempuyai dua kepercayaan agama keyakinan Islam dan Kristen, secara bersama-sama melakukan gotong royong. Umat kristen turut serta membantu pembersihan dan perbaikan Mesjid, begitu juga sebaliknya Umat Muslim turut serta membantu perbaikan dan perehaman Gereja.

Hal tersebut menjadi salah satu keberhasilan Satgas TMMD Kodim 0211/TT menjadi motifator pemersatu umat beragama, menciptakan sebuah hasil kinerja dalam ranah pengabdian pada rakyat guna meningkatkan taraf hidup dan toleransi kerukunan beragama dari segala sisi melalui program TMMD.

Komandan Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex, S.Sos menyampaikan, sejarah telah mengajarkan bahwa semangat kebersamaan, kegotong-royongan serta persatuan dan kesatuan merupakan senjata ampuh bangsa Indonesia dalam menghadapi segala permasalahan dan tantangan.

“Melalui TMMD ini, mari kita gelorakan lagi semangat kolektifitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada, tanpa membeda-befakan Suku, Ras, agama, Budaya dan sebagainya, “Bhinneka Tunggal Ika” Berbeda-beda tetapi tetap satu,” ungkap Letkol Inf Dadang Alex, S.Sos, Jumat (10/7/2020).

Letkol Inf Dadang Alex menambahkan, dengan kebersamaan umat beragama serta semangat gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara akan mampu mewujudkan ketahanan nasional. Dan berharap melalui TMMD dapat memantapkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“Kebersamaan harus senantiasa kita rawat dan jaga bersama. Jangan sampai kapital sosial berharga ini luntur dan sirna tergerus oleh berbagai perbedaan yang ada,” katanya.

Sementara itu, Arisman Tarihoran selaku kepala desa Siantar Ca memyebutkan, sejak kehadirian Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0211/TT sudah banyak membawa perubahan di desanya, selain peduli dengan kesehatan dan pendidikan, Satgas TMMD juga menjadi penersatu umat beragama.

“Saya akui, sejak kehadiran bapak-bapak TNI kesini, warga disini terlihat sangat senang, ditambah lagi lingkungan yang semakin bersih. Pola kebiasaan warga semakin berubah, dari yang sebelumnya cuek dengan kebersihan lingkungan, kini sudah secara bersama-sama bergotong royong melakukan pembersihan lingkungan,” ungkapnya.

Selain itu jelas Arisman, jiwa keatria yang merakyat pada diri TNI yang hadir di Desa Siantar Ca juga menjadi pemersatu bagi umat beragama, pasalnya, dari kegiatan yang digiatkan Satgas TMMD dalam pembersihan dan perehapan rumah ibadah, warga yang beragama kristen dan muslim saling tolong menolong melakukan pembersihan.

Keegiatan Satgas TMMd ke 108 Kodim 0211/TT melakukan permbersihan lingkungan dan perehapan rumah ibadah bersama warga

“Pada dasarnya kami sangat bersyukur dengan kehadiran Satgas TMMD di Kampung kami ini, tingkat kesadaran masyarakat untuk saling menghargai dan tolong menolong menjadi semakin lebih baik, untuk kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Letkol Inf Dadang Alex, S.Sos dan seluruh jajaran Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0211/TT,” Ujar Arisman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.