Peduli Kemanusiaan, LKBH Sumatera Salurkan Bantuan Sembako dan Masker Kepada Warga terdampak Covid-19.

  • Whatsapp

Tapanuli Tengah | Sinarlintasnews.com – Keluarga Besar Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Sumatera (LKBH-S) menyalurkan sejumlah paket sembako dan masker kepada masyarakat kurang mampu terdampak viruscorona (Covid-19) di Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Saptu (18/4/2020).

Ketua LKBHS Parlaungan Silalahi, SH didampingi Mangihut Tua Rangkuti, SH selaku Wakil Ketua LKBH dan juga Davit Butarbutar alis Molen (warga yang turut membantu) mengungkapkan, pemberian sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan membantu masyarakat yang terdampak langsung oleh merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 ini.

Bacaan Lainnya

Anjuran physical distancing (Jaga jarak fisik) yang kemudian ditindaklanjuti dengan kebijakan work from home (Bekerja dari rumah), sebagai upaya pencegahan meluasnya virus korona (Covid-19), telah berdampak pada ekonomi masyarakat kecil.

“Secara pribadi kami mendukung kebijakan pemerintah ini. Namun harus diakui bahwa kebijakan ini memiliki efek yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat. Kami juga tak luput dari hal ini, apalagi mereka yang kurang mampu. Atas dasar ini kami merasa tergerak untuk membantu,” Kata Parlaungan atau yang biasa disapa Laung ini.

Menurutnya (Laung,red), mendukung program pembatasan aktivitas sosial bukan berarti menutup mata hati mereka terhadap kemanusiaan, saat ini memang semua orang sedang dalam kondisi prihatin. Namun masih banyak warga atau tetangga yang kesusahan.

“Dalam situasi saat ini, uang bukan menjadi penghalang karena masih bisa dicari, namun rasa kemanusiaan untuk selalu berbagi, menjadi panggilan hati yang tak bisa kita diabaikan. Awalnya hanya mau berbagi hand sanitizer dan masker saja, tapi setelah dipikir-pikir, masyarakat masih tetap keluar rumah mencari kebutuhan pokok. Jadi kita memutuskan untuk  membagikan sembako yang sedikit banyak bisa meredam potensi yang dirasakan masyarakat,” kata Laung.

Dalam kegiatan tersebut, Parlaungan Silalahi menyerahkan langsung bantuan berupa beras, mie instan, telur, minyak goreng dan masker  Keluarga kurang mampu di Kecamatan Tapian Nauli.

Dikatakannya, apa yang mereka berikan mungkin tidak seberapa. Namun walau kecil setidaknya bisa membantu meringankan beban mereka yang kesusahan di tengah situasi pandemi corona yang tengah mewabah.

“Kondisi saat ini memang membutuhkan beragam upaya yang harus dilakukan secara sinergis dari berbagai kalangan. Baik pemerintah maupun masyarakat, organisasi kemasyarakatan mapun individu untuk membatu masyarakat yang kesusahan,” katanya.

Selain memberikan bantuan, pihaknya juga memberikan edukasi dan menghimbau agar warga jangan bepergian dan mengunjungi tempat-tempat keramaian, kalau bisa di rumah saja, dan tidak perlu panik sambil menunggu wabah ini berakhir. Jangan lupa berdoa agar kita diselamatkan dari wabah yang berbahaya ini.

“Teruslah mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat. Kami juga berharap masyarakat dapat memahami dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan Covid-19,” ujar Laung.

Laung juga menyatakan, sebagai Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum, mereka juga siap memvasilitasi dan mendampingi masyarakat yang tersandung masalah hukum baik dari kepolisian hingga ke Pengadilan.

“Kami hadir membantu bapak/ibu, kalau ada masalah apapun tidak usah sungkan datang dan sampaikan kepada kami. LKBH Sumatera siap melayani dan  mendapingi bapak/ibu. Jadi kalau ada masalah, tidak perlu takut untuk datang kepada kita, di Jalan Dr. Fl. Tobing No 11 Pandan,” Tutup Laung.

Semetra itu, sejumlah warga yang mendapatkan bantuan mengucapkan terima kasih atas ke prihatinan LKBH-Sumatera yang telah turut merasakan apa yang mereka rasakan saat ini. Mereka juga mengakui jika selama ini belum pernah mendapat batuan apapun dari pemerintah baik PKH, BLT dan lain-lain mereka tidak pernah mendapatkan. (Jerry).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *