Pentingnya Peranan Ikan Kakatua Bagi Lingkungan Laut Kita, Maka Jangan Makan !!!

  • Whatsapp

KENAPA IKAN INI PENTING BAGI LINGKUNGAN LAUT KITA ????

Bacaan Lainnya

Keterangan gambar 1 dan 2 : Ikan yang dipasarkan di pasar besar Sibolga kabupaten Tapanuli tengah.

Keterangan gambar 3 dan 4 : potret ikan kakatua di kota Sabang (Rubiah island)

Apakah para pembaca sudah mengetahui bagaimana sih bentuk dari si ikan kakatua ini selintas banyak dari kita hanya mengetahui kakatua itu adalah nama unggas dari jenis burung.Ternyata tidak hanya burung saja yang memiliki nama kakatua, jenis ikan juga ada yang bernama kakatua lho. Jadi para pembaca harus mengetahui ikan yang satu ini mempunyai bentuk mulut yang sama halnya seperti paruh si unggas burung kakatua yang lebih banyak kita kenal,dan ikan kakatua termasuk golongan ikan yang sangat rakus karena
tidak berhenti makan. Cara makannya pun unik, mematuk-matuk seperti burung,maka namanya wajar saja sama dengan si unggas yang lebih umum banyak dikenal disemua kalangan.

Ikan kakatua atau lebih dikenal dengan nama Parrotfishes ini merupakan ikan berasal dari famili Scaridae. Ia merupakan salah satu jenis ikan pemakan alga di karang mati dan bukan termasuk ikan ekonomis penting akan tetapi Ikan kakatua akan memiliki nilai ekonomis apabila sudah dijadikan bentuk olahan seperti ikan asin.Seperti yang terlihat pada gambar bisa kita perhatikan seksama bahwa ikan kakatua ini juga cukup sangat menarik dengan berbagai macam warna yang dimiliki sehingga tampak lebih indah untuk dipandang.

Akan tetapi para pembaca harus mengetahui bahwa ikan kakatua ini sangatlah penting bagi lingkungan laut jika terus ditangkap maka semakin lama keberadaan ikan ini menjadi langkah bahkan bisa dikatakan punah sementara Ikan Kakatua memakan alga dan terumbu karang yang mati,ketika dari kumpulan si ikan kakatua ini punah maka sangat berdampak buruk bagi terumbu karang laut kita.

COBA PIKIRKAN…….!!!!

Setiap hari kumpulan dari si ikan kakatua ini menghabiskan 90% waktu mereka untuk mengunyah/makan. Ikan kakatua membersihkan terumbu karang yang hidup dengan memakan alga yg menghambat pertumbuhan terumbu karang. Terumbu karang yangdibersihkan dari alga akan lebih kuat bertahan hidup menghadapi perubahan suhu air, polusi dan kondisi air yang keruh.Setelah ikan Kakatua makan mereka akan mengeluarkan kotoran berupa pasir putih halus yang banyak sekali.

Jika Setiap ekor ikan Kakatua dewasa akan mengeluarkan kotoran berupa pasir putih halus sebanyak 450 kilogram setiap tahun. Jadi semakin banyak dan lama ikan ini hidup, jumlah pasir putih yg dihasilkan akan semakin banyak. Pantai berpasir putih yang cantik dengan populasi terumbu karang yang indah merupakan hasil kerja ikan Kakatua,begitu sangat penting nya peranan dari si ikan kakatua ini untuk melestarikan lingkungan laut dengan upaya yang telah diberikannya.

Ikan kakatua merupakan ikan herbivora yg jumlahnya sangat sedikit di alam. Jika ikan Kakatua ini terus diburu, maka jumlah alga akan semakin banyak di laut sehingga kondisi terumbu karang tidak sehat. Hal ini selain mematikan ekosistem dan membuat laut tidak indah.Maka laut tidak akan indah untuk diselami atau dinikmati saat wisata snorkeling. Jika tidak adanya populasi ikan Kakatua, maka selain laut indah, ikan ikan jenis lainpun akan semakin banyak tinggal di terumbu karang yang sehat sehingga bagus untuk mata
pencaharian Nelayan,apabila terjaganya populasi dari si ikan kakatua ini.

Maka dari itu para pembaca sudah dapat mengetahui begitu penting nya si ikan kakatua ini tentu saja tidak ada salahnya untuk tidak menangkap,dan memakan si ikan kakatua ini karena ada banyak pilihan makanan laut lain yang bisa kita makan. Jadi, mari kita lakukan bagian kita untuk membantu menyelamatkan terumbu karang dari kematian dengan tidak menangkap, mengganggu habitat dari si ikan kakatua dan memakannya mengingat ikan
kakatua juga merupakan ikan yang sangat sedikit jumlah nya dia alam.

Tolong beritahu rekan rekan kita yang lainnya dan juga termasuk para nelayan yang kita kenal. Stop menangkap dan memakan ikan Kakatua. Jangan lagi membeli ikan Kakatua di pasar maupun supermarket yang menyediakan jenis- jenis ikan masih banyak jenis ikan yang dapat kita konsumsi yang memiliki kandungan protein dan vitamin yang tidak kalah dengan si ikan kakatua.

Penulis
Nama : Susi Mey
Nim : 18020018
Prodi : Akuakultur
Silakan bagikan artikel ini untuk memberi tahu banyak orang…

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda!
Terimakasih.
#BersamaMatauliMajuBahari #JalesVevaJayaMahe

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.