Sambangi Lapas, Babinsa 03/Pandan Berikan Bintal Kepada Napi

  • Whatsapp

TAPTENG, Sinarlintasnews.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) merupakan tempat pembinaan para terpidana. Memiliki fungsi untuk menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan, agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat. Sehingga nantinya, mereka dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

Babinsa selaku Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) memiliki tugas untuk melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan seluruh elemen masyarakat. Dalam rangka tugas tersebut, Babinsa Koramil 03/Pandan Jajaran Kodim 0211/Tapanuli Tengah melaksanakan Komsos dengan warga binaan Lapas Sibolga.

Serda RH Siagian mengunjungi Lapas Kelas II/A Sibolga yang berlokasi di Kelurahan Sibuluan Raya, Kecamatan Pandan,Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

“Dalam tugasnya sebagai Babinsa, Serda RH Siagian berperan aktif memberikan Pembinaan Mental (Bintal) dan moralitas, terhadap warga binaan Lapas yang terdapat di desa binaannya,” ucap Dandim 0211/TT, Letkol Inf Dadang Alex,S.Sos melalui Danramil 03/Pandan, Kapten Inf Albert Saruksuk, Rabu (27/11/19).

Danramil menuturkan, pelaksanakan kegiatan Komsos dengan warga binaan, sekaligus memberikan sosialisasi tentang perlunya menggugah jiwa dan semangat para warga binaan. Yaitu, untuk menghindari dan menjauhi perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh aturan dan Perundang-Undangan yang berlaku di NKRI.

“Sebagai orang yang pernah melakukan pelanggaran hukum dan saat ini mengikuti pembinaan, mulai saat ini dan selanjutnya nanti, harus mulai dengan kehidupan baru. Patuhi dan taati segala aturan yang berlaku,” himbau Albert.

Pada kunjungannya juga, Serda RH Siagian juga memberikan himbauan kepada seluruh warga binaan untuk senantiasa menjaga ketertiban. Menjaga sikap selama di lingkungan Lapas, serta mengikuti segala aturan yang berlaku.

“Jangan merasa terganggu bila ada pemeriksaan, ataupun kunjungan dari petugas,” sebut Albert.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa memberi sejumlah masukan kepada pembina Lapas. Yakni terkait kegiatan pembinaan yang dilakukan di Lapas Kelas IIA Sibolga. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.