Melalui Giat Komsos, Babinsa Koramil 06/Kota Ingatkan Nelayan Waspadai Cuaca Ekstrem

  • Whatsapp
Keterangan Foto: Babinsa Koramil 06/Kota, Kopda Shalmon Sipahutar melalui kegiatan Komsos mengingatkan nelayan agar mewaspadai cuaca ekstrem saat melaut. Kegiatan digelar di warung yang berlokasi di Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga.
Keterangan Foto: Babinsa Koramil 06/Kota, Kopda Shalmon Sipahutar melalui kegiatan Komsos mengingatkan nelayan agar mewaspadai cuaca ekstrem saat melaut. Kegiatan digelar di warung yang berlokasi di Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga.

SIBOLGA, Sinarlintasnews.com – Warga yang bermata pencaharian hidup sebagai nelayan diingatkan agar selalu meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrem saat melaut. Jika cuaca di laut mengalami badai dan angin kencang, aktivitas di laut agar ditunda dan tetap mengutamakan keselamatan.

Hal itu disampaikan Babinsa Koramil 06/Kota, Kopda Shalmon Sipahutar melalui kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga, di wilayah binaannya. Bertempat di salah satu warung, yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga.

Bacaan Lainnya

“Kondisi cuaca sepekan ini berubah-ubah, terkadang panas, dan selanjutnya hujan seharian disertai angin kencang. Cuaca begini jika di laut, bisa terjadi badai disertai ombak besar dan angin kencang. Untuk itu, Kami imbau para nelayan agar tetap siaga dan waspada,” ucap Kopda Shalmon Sipahutar kepada sejumlah nelayan di Kelurahan Pancuran Bambu, Selasa (11/07/2023).

Kepada sejumlah warga yang berdomisili di Pesisir Pantai Barat Sumatera tersebut, Babinsa Jajaran Kodim 0211/TT itu berharap, agar tetap mengutamakan keselamatan dan keluarga di rumah. Yakni dengan menunda keberangkatan melaut, menunggu cuaca stabil kembali. Sebab jika dipaksakan melaut, bisa membahayakan keselamatan nelayan itu sendiri.

Akibat cuaca ekstrem ini, juga terpantau jelas terhadap penurunan signifikan hasil tangkapan ikan nelayan. Diseputaran Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), hasil tangkap nelayan terbilang turun drastis dan harganya pun cukup mengalami kenaikan.

Seperti halnya pantauan di Pasar ikan jalan Balam. Jenis ikan yang dijual cukup minim, tidak seperti hari biasanya. “Gak ada ikan, itupun yang ada kualitasnya kurang baik, mahal lagi harganya,” ungkap Ibu Rumah Tangga, Dinda Siregar, di Jalan Pasar Ikan Jalan Balam, Kota Sibolga kepada awak media.

Terpisah, Komandan Kodim 0211/TT, Letkol Inf Jon Patar Hasudungan Banjarnahor, S.I.P melalui Danramil 06/Kota, Mayor Inf Agustinus Samosir mengatakan, sebagai Aparat Komando Kewilayahan, Babinsa mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melindungi keselamatan warga binaannya. Selain tetap menjaga kekondundusifan wilayah.

“Semoga dengan himbauan ini dapat menggugah kesadaran warga, jika hendak memaksakan diri untuk melaut. Tetap waspada dan mengutamakan keselamatan saat melaut,” ungkap Mayor Inf Agustinus Samosir.

Orang nomor satu di Koramil 06/Kota itu menerangkan, Komsos yang dilaksanakan Babinsa Jajarannya juga menjangkau semua komponen masyarakat. Sehingga, Babinsa dapat mengetahui kendala dan keluhan warga binaannya. Dengan demikian, akan lebih mendekatkan hubungan Babinsa dengan warga binaan.

“Kami mengingatkan kembali kepada nelayan, untuk selalu berhati-hati saat melaut. Apalagi di saat cuaca ekstrem. Para nelayan diimbau selalu berhati-hati setiap kali melaut. Serta memperhatikan kondisi cuaca dan tetap mengutamakan faktor keselamatan,” kata Perwira TNI-AD berpangkat satu mawar emas di pundak itu mempertegas imbauan Babinsa Jajarannya. (Ry/Jerry).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *