Idul Fitri di Sibolga, Syarfi Puji Kerja Umak-Umak Penyapu Jalan

  • Whatsapp
Ket foto : Syarfi disambut bahagia 'Umak-Umak' Penyapu jalan Sibolga.
Ket foto : Syarfi disambut bahagia 'Umak-Umak' Penyapu jalan Sibolga.

Kota Sibolga – Mantan Walikota Sibolga, H.M.Syarfi Hutauruk blusukan ke kampung halamannya di Sibolga, pada Selasa (02/05/2023).

Pulang kampung dalam rangka lebaran Idul Fitri 1444 H tersebut, dilakoni Syarfi bersama istri Hj. Delmeria Sikumbang, yang saat ini menjabat sebagai anggota Komisi VIII DPR RI, dari Fraksi NasDem.

Bacaan Lainnya

Ketua Umum PB Persatuan Tarbiyah Islaminyah (PERTI) tersebut terlihat dikerubungi sejumlah penyapu jalan, di sekitaran tugu taman bunga, Jalan S.Parman, Kelurahan Pasar Baru, Kota Sibolga.

Dengan senyumnya yang khas, Walikota Sibolga periode 2010-2015 dan 2016-2021 tersebut, menyapa ‘umak-umak’ penyapu jalan dengan ramah. Beberapa diantara mereka bertanya kabar mantan atasan mereka tersebut.

Tidak terlihat kekakuan dalam pertemuan dadakan tersebut. Bahkan ‘Umak-umak’ penyapu jalan ini pun, tak segan-segan meminta uang THR (tunjangan hari raya) kepada Syarfi Hutauruk.

“Masih lebaran, pak Wali. Bagilah THR-nya,” pinta mereka setengah bercanda, yang diamini oleh Syarfi dengan membagi-bagikan THR kepada para penyapu jalan tersebut.

Tidak hanya penyapu jalan, inang-inang penjual ikan dan warga yang kebetulan melintas di jalan S.Parman tersebut pun kebagian THR dari Syarfi Hutauruk.

Erna br.Simorangkir (52), warga Sibolga Utara kepada mengaku senang kembali bertemu dengan mantan Walikota Sibolga tersebut. Erna menuturkan, dirinya sudah bekerja sebagai penyapu jalan, pada saat periode kedua Syarfi sebagai Walikota.

Baginya, Syarfi adalah sosok pemimpin yang dekat dengan bawahannya dan rakyatnya. Selama bekerja sebagai penyapu jalan, dirinya dan sejumlah rekannya tidak pernah diperlakukan sebagai pekerja kasar atau hina, melainkan sangat dihormati.

“Pak Syarfi dulu sering bercanda-canda dengan kami. Orangnya baik. Tidak membeda-bedakan. Kalau Sibolga dapat Adipura, kami yang diajaknya syukuran, makan bersama,” ucapnya.

Sementara itu, Syarfi yang terlihat senang bersama para penyapu jalan tersebut mengaku bahagia bisa bercengkrama dan bertegur sapa dengan mereka. Syarfi mengaku mengagumi semangat dan kerja keras para penyapu jalan tersebut dalam menafkahi keluarganya.

Menurut Syarfi, meskipun usia mereka tidak muda lagi, namun semangat mereka untuk terus bekerja dan berbuat yang terbaik bagi keluarganya tidak pudar sedikit pun.

“Saya selalu bahagia bila bertemu mereka. Umak-umak ini orang-orang hebat dan sebagian dari mereka adalah tulang punggung keluarganya. Melihat senyum bahagia mereka tadi, saya juga ikut merasa bahagia,” kata Syarfi kepada etalasenasional.com

Seolah mengamini apa yang disampaikan oleh Erna br.Simorangkir, Syarfi mengatakan pada saat menjabat sebagai Walikota Sibolga, dirinya kerap menyempatkan diri bercengkrama dengan para penyapu jalan di Sibolga.

Menurutnya, para penyapu jalan adalah pahlawan yang telah membantunya mengantarkan Kota Sibolga meraih piala Adipura sebanyak 8 kali berturut-turut. Jasa mereka yang besar tidak sebanding dengan upah yang mereka terima.

“Oleh karena itu, saya selalu menghormati mereka. Tidak memandang profesinya apa, tetapi memandang hal luar biasa yang mereka raih dan berikan untuk Kota Sibolga ini,” ucapnya.

Penulis/foto : Ali Akbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *