Mengenal ikan buntal, ikan lucu yang mengandung racun mematikan !!

  • Whatsapp
Foto : Rizky Ondolan Pulungan (Sekolah Tinggi Perikanan Dan Kelautan Matauli).

Teman-teman pasti sudah tidak asing lagi kan dengan ikan buntal?

Bacaan Lainnya

Ikan buntal merupakan Tetraodontidae yaitu sebuah famili dari ikan muara dan laut yang berasal dari ordo Tetraodontiformes yang memiliki morfologi, serupa ikan landak yang memiliki tulang belakang luas yang besar (tidak seperti tulang belakang Tetraodontidae yang lebih tipis, tersembunyi, dan dapat terlihat ketika ikan ini menggembungkan diri).

Nama ilmiah ini merujuk pada empat gigi besar yang terpasang pada rahang atas dan bawah yang digunakan untuk menghancurkan cangkang krustasea dan moluska sebagai makanan nya, ikan buntal dapat mengembangkan dirinya ketika merasa terancam, ikan buntal dapat ditemukan di perairan tawar maupun asin, seperti samudra Pasifik, laut merah, sungai Mekong dan sungai Amazon, sama hal nya dengan belut ikan ini tidak memiliki sisik namun
beberapa memiliki duri.

Ikan ini memiliki kemampuan mengubah arah saat berenang dan bahkan berenang mundur, Ikan buntal yang berbintik putih ternyata memiliki kebiasaan unik, yaitu membangun sarang. Ikan buntal jantan membuat sarang di pasir berbentuk bulat dan berdiameter enam kaki.Tujuan mereka membuat sarang adalah untuk menarik perhatian ikan betina.

Biasanya kalau ikan betina berkesan, mereka akan meletakkan telur mereka dalam sarang tersebut sehingga si jantan dapat membuahinya. Selain itu, ikan buntal jantan yang lain juga membuat sarang dengan tujuan berbeda. Mereka membuat sarang dari sperma mereka demi melindungi diri dari pemangsa. Bau sperma yang busuk membuat pemangsa enggan untuk mendekat.

Mengapa ikan buntal mengandung racun?

Walaupun ikan ini terlihat menggemaskan dan lucu jangan salah ternyata ikan ini sangat mematikan, kejadian pernah terjadi di banyuwangi tiga korban tewas setelah makan ikan Buntal di Banyuwangi. Mereka diduga tak mengetahui jika ikan tersebut beracun, dikarena ikan memiliki racun yang berada dalam darahnya, Dalam darah ikan buntal ada kandungan racun yang disebut dengan tetrodotoxin,Sel telur, hati, dan usus merupakan bagian tubuh ikan fugu yang paling beracun, Keracunan tetrodotoxin bisa menyebabkan
seseorang mengalami mati rasa di area mulut kemudian kelumpuhan, gagal napas, dan bisa menyebabkan kematian.

Menurut Dosen FKIP/Pendidikan Biologi Universitas Tujuh belas Agustus (Untag) 1945 Banyuwangi, Dr. Susintowati, MSc, beberapa kasus keracunan ikan buntal sudah sering terjadi. Tingkat toksisitas racun ikan ini diperkirakan hingga 100 kali tingkat racun sianida.

“Neurotoksin pada ikan Buntal ini terutama terkonsentrasi di dalam ovarium dan hati, meskipun jumlah yang lebih kecil ada di usus dan kulit, serta jumlah jejak di otot. Efek toksisitas ini tidak selalu memiliki efek mematikan pada predator besar, seperti hiu, tetapi dapat membunuh manusia,”

“Tetrodotoxin adalah neurotoksin yang ada di dalam ikan Buntal. Racun ini dapat mematikan saraf lidah dan bibir, menyebabkan pusing dan muntah, diikuti oleh mati rasa dan merasa banyak tusukan pada tubuh, kesemutan, detak jantung sangat cepat, penurunan tekanan dToksin itu melumpuhkan otot diafragma dan menghentikan kerja sistem pernafasan.

Orang yang keracunan ikan buntal yang dapat bertahan selama 24 jam lebih, biasanya dapat bertahan hidup meskipun kemungkinan dapat mengalami koma beberapa hari. arah, dan kelumpuhan otot.

Ikan buntal ternyata menu mahal di jepang loh !!

Walaupun beracun ikan lucu ini ternyata bisa dimakan , di jepang ikan buntal
dinamakan ikan fugu yang berarti ikan buntal , ikan fugu termasuk dalam kategori ikan yang mahal dan sering dikonsumsi disana, tidak main-main, per kepala ikan fugu dihargai sebesar 120 dollar AS atau setara dengan Rp 1,7, namun hanya chef yang handal dan berpengalaman dan memiliki sertifikat yang bisa memasak ikan ini, namun tidak semua spesies fugu yang dapat di olah loh!,

Terdapat 120 spesies fugu yang berada dibelahan dunia hanya 20 spesies yang di olah di restoran jepang, pasti kalian bertanya –tanya mengapa ikan beracun ini sangat digemari di jepang walapun harganya mahal??

Karena fugu mempunyai berbagai manfaat yang tidak kita ketahui, yaitu ikan fugu dapat meningkatkan stamina,mengandung omega 3, meningkatkan nafsu makan, menjaga metabolisme dalam tubuh,sumber protein hewani, menurunkan kolesterol, menutrisi otak, menurunkan rabun jauh,mengandung vitamin D, mencegah kanker payudara, itu sebabnya ikan fugu sangat digemari di dijepang, demikianlah informasi mengenai ikan buntal yang lucu namun sangat mematikan,semoga kita selalu berhati-hati dalam mengosumsi ikan.

Foto : Rizky Ondolan Pulungan (Sekolah Tinggi Perikanan Dan Kelautan Matauli).

PENULIS;
Nama : Rizky Ondolan Pulungan
Nim :18010013
Prodi : Teknologi Penangkapan Ikan
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN MATAULI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.