Mempersiapkan Pantai Pandan Bebas Sampah

  • Whatsapp
Sahraini, Prodi sosial ekonomi perikanan Sekolah tinggi perikanan dan kelautan matauli

Permasalahan yang sering terjadi di daerah pantai dan pesisir adalah pencemaran lingkungan,yang akan berdampak pada kerusakan organisme yang hidup di daerah tersebut. Sampah di lingkungan pantai dapat meracuni fitoplankton yang pada akhirnya dapat menurunkan kesuburan suatu perairan.

Pantai pandan terletak di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang secara administratif termasuk di Kecamatan Pandan. Pantai Pandan umumnya akan ramai pada beberapa event, seperti akhir minggu (week end) atau waktu hari libur nasional (public holiday).

Bacaan Lainnya

Banyaknya kunjungan berdampak pada pencemaran wilayah tersebut. Pencemaran pantai juga terjadi karena aktifitas nelayan yang ada di daerah pantai baik sampah hasil tangkapan ikan, maupun sampah rumah tangga yang berada di pingiran pantai.

Salah satu kegiatan mendukung kebersihan pantai adalah adanya kegiatan aktif oleh masyarakat. Masyarakat dalam hal ini adalah masyarakat sekitar pantai,pemerintah setampat (dinas kebersihan lingkungan) maupun pengunjung pantai . Mahasiswa sebagai salah satu elemen masyarakat juga harus ikut hadir dalam kengiatan bersih pantai.

Kebersihan pantai di Indonesia harus dilakukan oleh masyarakat setempat. Proses pembersihan harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Sengenap akademisi Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli selaku bagian dari masyarakat  juga mengambil peran dengan mengajak mahasiswa/i melakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai pandan .

Gambar 1. “Peserta aksi bersih pantai melakukan foto bersama berlayar belakang laut”

Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa/i, Sebelum pelaksanaan pembersihan pantai dilakukan pengarahan terkait teknis pelaksanaan, pendataan jenis sampah pencemar yang terdapat di sekitar pantai. Mahasiswa dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan prodi masing-masing (Akuakultur,TPI,SEP)

Kegiatan ini diharapkan mampu mengurangi dampak pencemaran sampah yang ada di Pantai pandan , sehingga kelestarian ekosistem di Pantai tersebut terjaga.Berdasarkan  hasil pengumpulan (gambar 2)sampah di pantai pandan, di dapatkan hasil sampah  adalah sampah plastik, seperti bungkus makanan, botol plastik bekas, peralatan plastik, dan jenis sampah lain yang berbahan dasar plastik

Gambar 2. &Aksi bersih pantai prodi Akuakultur&

Sampah terbanyak kedua sebanyak adalah kaleng. Sampah kaleng kebanyakan berasal dari minuman ringan yang banyak dijual di sekitar pantai. Seperti botol plastik, kaleng merupakan salah satu tempat untuk minuman yang banyak dijual, sehingga banyak mencemari pantai.

Gambar 3. &Aksi foto pengumpulan sampah botol minuman&

Sampah terbanyak ketiga adalah sampah yang berasal dari tumbuhan. Sampah ini cukup banyak tersebar di daerah pasang surut. Umumnya sampah ini berupa sisa rumput laut yang tercecer, sisa kayu bakau, kulit pisang, sisa pohon yang sudah mati (seperti kelapa, dan pohon sekitar pantai) dan bungkus makanan yang berasal dari tumbuhan (seperti: bungkus lemper, dan lain-lain).

Gambar 4. &Aksi bersih pantai khsus sampah daun kelapa dan daun pohon yang ada di sekitar pantai

Dari hasil kegiatan ini, maka saran untuk pemerintah setempat atau dinas terkait untuk selalu memantau kebersihan di tempat-tempat destinasi wisata. Pemerintah atau dinas setempat juga harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih menjaga dan mempunyai kesadaran dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Penulis,
Nama : Sahraini
Prodi  : Sosial ekonomi Perikanan Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.