Perubahan Sertifikasi Guru Tahun 2020 Kota Subulussalam

  • Whatsapp
Pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) atau PPG Kota Subulusaalam
Subulussalam | Sinarlintasnews.com – Sertifikasi guru untuk tahun 2020 tidak lagi menggunakan model Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) melainkan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Hal itu disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Subulussalam, H. Seiring, S.Ag kepada wartawan, Selasa (13/10/202).
Sairun menyebutkan, hal tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 37 tahun 2017 tentang sertifikasi guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan akhir 2015.
“Dalam aturan sertifikasi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui program PPG yang diselenggarakan perguruan tinggi, yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi,” ungkap Sairun.
Dijelaskannya, sertifikasi guna meningkatkan kompetensi guru dalam jabatan sebagai tenaga profesional pada satuan pendidikan, untuk memenuhi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan perundang-undangan.
“Pemerintah daerah provinsi Aceh dan pemerintah kota Subulussalam yang saat ini sedang mengembangkan dan memprioritaskan peningkatan mutu layanan di sektor pendidikan. Semangat tersebut direalisasikan melalui upaya upaya nyata melalui berbagai pelatihan kepada para guru,” katanya.
“Program ini bukan hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikat dan tunjangan profesi. Dengan adanya sertifikasi guru, dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk memperbaiki diri, meningkatkan kualitas dan profesionalisme dalam dunia pendidikan, serta mampu menunjukkan jati dirinya sebagai guru profesional yang bertanggung jawab,” Sambungnya.
Sairun juga berharap, para peserta PPG dapat mengikuti pembinaan dengan tekun dan semangat. Sehingga para guru dari tingkat SD dan SMP Kota Subulussalam nantinya mampu menerapkannya dan mengimplementasikan di lapangan sebaik mungkin sesuai dengan bidang tugasnya di tempat kegiatan masing-masing.
“Guru peran utama dalam peningkatan pendidikan, karena merekalah yang langsung berhadapan dengan peserta didik. Guru bisa dikatakan sebagai agen perubahan yang menjadikan peserta didik dari tidak tahu menjadi tahu,” jelasnya.
Selain itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Subulussalam ini juga mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta PPG. (Syahbudin Padang).
Pelaksanaan kegiatan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) atau PPG Kota Subulusaalam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.