Kunjungan Dihentikan Sementara, Kalapas Kelas IIA Sibolga Hibur Pegawai dan Warga Binaan Dengan Lomba Masak

  • Whatsapp

Sibolga | Sinarlintasnews.com – Ada-ada saja cara dan keunikan yang dilakukan oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Sibolga Surianto, A.Md.IP, S.Pd, MM kepada para pegawai dan juga para warga binaan Pasca pemberhentian kunjungan sementara hingga 1 April 2020  mendatang ke Lapas Kelas IIA Sibolga demi mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Untuk menghibur dan mengisi waktu para Pegawai dan Warga binaan, Surianto, A.Md.IP, S.Pd, MM mengadakan lomba memasak  yang diikuti oleh para peserta dari bagian pengamanan, pembinaan, tata usaha, keamanan dan ketertiban, serta bengkel kerja, dan juga warga binaan.

“Melalui kegiatan ini, setidaknya dapat menghibur para warga binaan juga untuk menjalin solidaritas antar sesama warga binaan dan dengan para pegawai atau sipir yang bertugas di Lapas Kelas IIA ini. Apa lagi sekarang kunjungan sudah dihentikan sementara, jadi perlu kita membuat hiburan dan kegiatan agar komunikasi dan silaturahmi itu selalu terjaga,” kata Surianto, A.Md.IP, S.Pd, MM, Kamis (19/3/2020).

Kalapas mengungkapkan, bahan-bahan yang dimasak dalam lomba tersebut juga berasal dari hasil kebun dan ternak di Rutan Kelas IIA Sibolga. Kegitan tersebut juga sekaligus untuk memberikan semangat kepada para pegawai dan warga binaan untuk lebih giat merawat kebun dan ternak yang ada di dalam Lapas.

“Sayur, ayam, ikan dan rempah-rempah masak sebagian besar itu hasil tanaman dan ternak disini, mereka kejar-kejaran menangkap ayam itu tadi, ayam yang mereka tangkap itulah yang mereka masak, kecuali beras ya, itu dibeli karena kita tidak punya sawah di Lapas ini. Yang pastinya kita memanfaatkan yang ada. Tanaman dan ternak yang ada itu juga di rawat oleh para Warga binaan, dan sedikitnya kita berikan juga upah walau tidak seberapa, dan saat-saat seperti ini mereka juga ikut serta merasakan hasil dari tanaman dan ternak itu,” ujar Surianto, A.Md.IP, S.Pd, MM yang baru saja dua bulan menjabat sebagai Kalapas Klas II A Sibolga ini.

Pada perlomaan masak tersebut juga, Kapalas menghadirkan 3 orang juri super gokil dari luar Lapas, yakni Lurah Sibuluan Raya Ainun Panggabean, Anisa dari Bapas dan oknum wartawan.

Pantauan dilapangan, peserta lomba di bagi dalam lima kelompok, yaitu kelompok KPLP, kelompok Binadik, kelompok Gitza, Kelompok TU dan kelompok Kamtib.

Masakan dari peserta lombapun mendapat penilaian dari para juri, mulai dari penilaian kebersihan, kekompakan, kerapian penghidangan dan juga rasa. Hingga dari hasil penilaian dimenangkan oleh Kelompok Tata Usaha.

Di penghujung acara kegiatan, Kalapas berharap dengan rangkaian-rangkaian kegiatan tersebut, dapat lebih menjalin silaturahmi denganpara pegawai dan warga binaan. Dan diakhiri dengan penyerahan piala Lurah Sibuluan Raya Ainun Panggabean bagi kelompok pemeneng lomba .

“Warga binaan ini perlu biburan dan kegiatan, semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini mereka dapat terhibur dan mereka bisa lebih baik lagi kedepannya,” ugkap kalapas.(Jerry).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.