Upaya Memutus Mata Rantai penyebaran Covid-19, Hj. Fitriani Manurung Bagikan Hand Sanitizer kepada Orang Cacat dan Anak Jalanan

  • Whatsapp

MEDAN | Sinarlintasnews.com – Berbagai upaya terus dilakukan Hj. Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan memutus mata rantai penyebaran virus corona kepada masyakat khususnya Kota Medan serta mendukung program pemerintah.

Salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan baik dengan cuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan (hand sanitizer). Namun tidak semua pihak bisa melakukan cuci tangan ketika berada di luar, dan cara lain yang lebih simple adalah menyemprotkan cairan pembersih tangan.

Meski penuh dengan tantangan yang dapat membayakan diri sendiri, tidak mengurungkan niat  akal Calon Wakil Walikota Medan ini untuk terus melakukan upaya sosialisasi pencegahan penyebaran virus menakutkan tersebut. Fitriani Manurung juga membagikan hand Sanitizer dengan berjalan kaki di sepanjang jalan Setia Budi Kota Medan.

Hand sanitizer tersebut dibagikan bukan hanya kepada orang-orabg tertentu, akan tetapi dibagikan kepada masyarakat terlebih bagi masyarakat kurang mampu, seperti halnya membagikan kepada orang-orang cacat, pengemis, dan juga anak jalanan.

Fitriani Manurung yang juga sebagai Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan ini mengatakan, pihaknya menyadari bahwa hand sanitizer di pasaran sangat terbatas, bahkan banyak yang sudah habis di berbagai tempat seperti apotik, minimarket, dan lainnya.

“Ini kita bagikan kepada masyarkat terutama yang kurang memiliki akses, karena  hand sanitizer sudah mulai agak sulit didapatkan sekarang, maka itu kita turun langsung membagikannya, jadi saya dan rekan-rekan berupaya untuk terus mencari dan membagikannya, sebagaimana intruksi dari Ketua DPP PDI Perjuangan kepada kami Kadernya,” ungkapnya, Senin (23/3/2020).

Dikatakannya (Fitriani, red) akan berjuang membantu masyarakat semaksimal. Menurutnya penularan Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona jenis baru cukup cepat. Maka harus berupaya secepat mungkin untuk memutus mata rantai wabah corona tersebut dengan mengikuti saran dan petunjuk dari pemerintah.

“Kegiatan ini juga sebagai bentuk keseriusan untuk mencegah penyebaran Covid 19 di kalangan masyarakat dan juga sebagai ajang untuk menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk mulai membiasakan diri lebih safety dalam melakukan aktivitas di luar ruangan. Seperti, selalu menyediakan hand sanitizer di dalam tas, baik saat di rumah maupun di luar rumah. Selanjutnya, membiasakan menggunakan alat pelindung diri, seperti masker dan lain sebagainya,” kata Fitriani.

Hj. Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd foto berama dengan puluhan anak-anak Panti Asuhan Al- Munawwaroh dan ibu Panti

Diakuinya, bahwa jumlah hand sanitizer yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat tidak terlalu banyak. Namun, ia mengatakan, jangan lihat berdasarkan jumlahnya tetapi lihat dari keseriusan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

“Jumlah hand sanitizer yang kami bagikan tidak terlalu banyak jumlahnya  tapi jangan lihat jumlahnya, ini bentuk keseriusan kami mencegah, dan inshaAllah kami akan turun lagi untuk berbagi, selagi kami masih bisa berbagi buat masyarakat,” pungkas Fitriani.

Sebelumnya, Menindaklanjuti instruksi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Pejuangan Megawati Sukarno Putri kepada seluruh pengurus dan kader PDI Perjuangan untuk membantu mensosialisasikan pencegahan dan penyebaran Virus Korona (Covi-19) yang saat ini tengah mewabah hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia. Fitriani Manurung juga mengajak warga

dan mensosialisasikan kepada masyarakay melalui program Senam kebugaran tubuh yang di gelar di areal komplek PTN 4, Lingk 4, Martubung, Medan Labuhan, Minggu (22/3/2020).

Dikatakannya, salah satu upaya dalam pencegahan penyebarab virus tersebut adalah dengan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dengan menjaga pola makan yang bersih dan teratur.

“Salah stunya rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Menjaga suhu tubuh selalu hangat itu bisa terhindar dari penularan virus Corona,” ungkap Fitriani.

VIRUS Corona kini tengah menjadi mahluk yang begitu menakutkan. Penyakit yang dikenal juga dengan Coronavirus disease 2019 disingkat Covid-19. Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi koronavirus 2019–2020.

Penderita Covid-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas.Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukaN. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan.

Menurut data yang diperoleh sinarlintasnews.com, jumlah total kasus virus corona Covid-19 di seluruh dunia telah mencapai 271.629 kasus. Dari kasus-kasus tersebut, terjadi 11.282 kematian dengan 87.403 pasien sembuh.

Sedangkan di Indonesia, Korban Penyakit ini, juga terus bertambah. Jumlah penderita Covid-19 mencapai 450 orang dengan jumlah orang meninggal sebanyak 38 orang dan sembuh sebanyak 20 orang.

Kewaspadaan level tinggi ini juga harus didukung seluruh warga  dengan meningkatkan kewaspadaan diri terhadap penularan virus corona dengan mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Biasakanlah, mencuci tangan disetiap kesempatan.

Patuhi anjuran pemerintah untuk melaksanakan social distancing. Dengan cara ini, setidaknya kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona khususnya di Kota Medan.(Jerry)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.