Ikut Lomba Tingkat Provinsi, SMPN 1 Sibolga Latihan Marching Band

  • Whatsapp
Kepala SMP N 1 Sibolga, Siti Zubaidah Siregar saat memberikan keterangan (dok. Istimewa)

Sinarlintasnews.com |Sibolga – Mengikuti lomba Marching Band tingkat provinsi pada bulan November 2019, para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sibolga telah melakukan persiapan latihan sejak sekarang.

Kepala SMP N 1 Sibolga, Siti Zubaidah Siregar, saat dikonfirmasi di Lingkungan sekolah, Jalan Alu-Alu, Kelurahan Pancuran Gerobak, Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara, mengatakan, kegiatan latihan yang saat ini dilakukan memiliki beberapa kendala.

Dijelaskan Zubaidah, kendala yang dihadapi pihak sekolah adalah jadwal para siswa yang mengikuti latihan marching band kurang disiplin.

Hal itu dikarenakan kurangnya perhatian orangtua siswa dalam memberikan dukungan terhadap anaknya untuk mengikuti kegiatan latihan marching band dari pihak sekolah.

“Hanya kendala yang paling ini, partisipasi orang tua. Orang tua terkadang kurang perhatian kepada anak-anaknya, artinya anak-anaknya mengikuti kegiatan marching band ini, tapi jadwalnya mereka kurang peduli, kurang mendukung,” ujar Zubaidah.

Selain itu, dikatakan Zubaidah, kendala yang dihadapi pihak sekolah yang pertama yakni mengenai masalah pendanaan.

“Kendala yang dapat kita hadapi, pertama dari segi pendanaan, sebenarnya pendanaan dari marching band ini kalo dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) kan sangat sedikit kegiatannya, termasuk dalam kegiatan ekskul, tidak hanya marching band, lain pengadaan ala-alatnya itu sangat-sangat diperlukan.

Nah, walaupun begitu, saya sebagai Kepala Sekolah (Kepsek) mengantisipasinya dengan baik, walaupun dengan dana yang sedikit, tapi saya upayakan bagaimana anak-anak ini melaksanakan kegiatan itu dengan baik,” terang Zubaidah.

Zubaidah juga menjelaskan, kegiatan yang dilakukan adalah untuk memotivasi serta menghindarkan anak-anak dari bahaya Narkoba.

“Jadi untuk memupuk kegiatan ini, agar anak-anak ini tidak terlibat narkoba, itulah motivasi yang paling utama,” ujar Zubaidah.

Dikatakan Zubaidah, pihak sekolah memiliki target dan berencana akan mengikutsertakan siswanya untuk mengikuti ajang piala Presiden tahun 2020 mendatang.

“Kita pernah menjadi juara Dua tingkat Nasional di Padang waktu itu, pada bulan Desember tahun yang lalu, Batam juara Satu nya.

Untuk kejuaraan yang sekarang kita punya target, rencana sebenarnya sangat besar, bahkan kami berencana tim marching band ini akan ikut ajang piala Presiden, tapi kalau begini dukungan orangtua yang tidak tepat waktu jadwal anaknya latihan, bagaimana kita bisa mengikuti itu?,” imbuhnya. (Sbp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.