Banjir di Kota Subulussalam Harus Dibahas Secara Konfrenship Antar Lintas Wilayah

  • Whatsapp

Subulussalam | Sinarlintasnews.com – Untuk mengatasi banjir yang terus melanda Kota Subulussalam harus di bahas secara konfrenship antar lintas wilayah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas BPBD Kota Subulussalam, Aditya Karya, S.Hut, MSI kepada wartawan saat meninjau lansung kondisi Sungai Lae Soraya, Minggu (6/12/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, penanganan dan pencegahan banjir yang memgakibatkan meluapnya Sungai Lae Soraya perlu dibahas antar wilayah Barat dan Tengah.

“Salah satu penyebab meluapnya sungai Lae Soraya, akibat dari banjir kiriman dari daerah hulu yaitu sungai Alas dari Kabupaten Aceh Tenggara. Hal inilah yang harus disikapi, untuk dilakukan koordinasi antar lintas horizontal dan vertikal oleh instansi terkait,” ungkapnya.

Dikatakannya, banjir yang melanda Kota Subulussalam merupakan fenomena bencana alam tahunan secara signifikan.

Ia menyatakan, persoalan banjir di wilayah Narat dan Tengah sebelumnya sudah dibahas di BNPB pada Februari lalu di Jakarta. Dan hasil rekomendasi pada pertemuan tersebut selanjutnya di tindaklanjuti ke Pemprov Aceh.

“Masalah ini Sudah dibahas, tapi tapi lama setelah ditindaklanjuti, Pandemi Covid-19 pun mewabah. Inilah salah satu kendala kita saat ini,” Katanya.

Meski demikian Ujar Adita, upaya penangganan dan pengendalian banjir di kota Subulussalam akan terus diupayakan. Sebab hal ini menjadi program strategis Nasional.

“Untuk mengantisipasi perlu pembangunan kanal untuk membagi disrtribusi air ke daerah aliran sungai lainnya, kajian ini sudah dapat di aplikasikan berdasarkan kajian, topografi, DAS, dan wilayah,”tuturnya.

Penulis : Syahbudin Padang.

Kepala Dinas BPBD Kota Subulussalam, Aditya Karya, S.Hut, MSI saat memberikan keterangan terkait banjir di Kota Subulussalam kepada wartawan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.