H. Safriadi Manik Salurkan Zakat Harta Kepada Ribuan Anak Yatim dan Kaum Dhuafa

  • Whatsapp
H. Safriadi Manik saat menyerahkan paket zakat harta kepada kaum dhuafa dan anak yatim di rumah kediamanya

SUBULUSALAM | SINARLINTASNEWS.com – Mantan Bupati Aceh Singkil H. Safriadi Manik atau yang lebih akrab di sama H. Oyon menyalurkan zakat harta kepada ribuan anak yatim dan kaum dhuafa di bula Suci Ramadhan 1441 Hijriah.

Penyantunan di gelar dikediamannya di Desa Lae Butar, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupten Aceh Singkil turut diharidi para tokoh masyarakat, alaim ulama dan juga warga setempat. Saptu (9/5/2020).

H. Oyon yang kini menjabat sebagai DPRK Aceh Singkil ini, mengungkapkan santunan zakat harta tersebut, sudah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun yang akan diserahkan langsung kepada kaum duafa dan anak yatim.

“Menyalurkan zakat harta ini sudah menjadi kewajiban bagi kita yang beragama Islam, sebagai mana diriwayatkan dalam surat QS At-Taubah 103 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu bersihkan dan sucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya dosa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” karena sebagian dari harta yang kita miliki itu adalah hak dari yang membutuhkan” ungkapnya, Saptu (9/5/2020).

Dikatakannya, untuk pembagian zakat harta tersebut akan dilakukan di beberapa kecamatan Aceh Singkil dan juga Kota Subulussalam.

“Alhamdulillah hari ini membagikan sebanyak 2000 lebih paket, pakaian anak dan baju muslim untuk kaum duafa. Sedangkan anak yatim dibagikan kain sarung dan jilbab,”katanya.

Selain memberikan paket, H. Oyon juga membagikan amplop yang berisikan uang tunai dan juga sembako kepada kaum dhafa dan anak yatim.

Menurut H. Oyon, mungkin bagi orang yang tergolong mampu pakaian adalah hal yang sepele, namun bagi yatim piatu dan Duafa itu suatu yang berharga dan berharap ke depannya kiranya bisa untuk berbuat lebih dari sekarang.

“Semoga apa yang kita berikan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan terlebih dalam suasana Ramadhan ini, kita sebagai mahluk sosial yang bragama, memang selayaknya berbagi dengan sesama yang lebih membutuhkan uluran tangan seperti anak yatim dan dhuafa,” ujarnya.

Sementara itu, para anak yatim dan kaum dhuafa yang menerima santunan tampak raut wajah mereka terlihat senang dan penuh kebahagiaan. Bahkan saat menerima santunan tersebut, mereka sampai berulang-ulang mengucapkan tetima kasih.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada bapak H. Oyon yang sudah peduli dengan kami, mudah-mudahan segala bantuan yang bapak berikan ini mendapatkan balasan dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT,” ujar salahnsatu penerima santunan.

Seperti diketahui, adapun yang diserahkan tersebut kepada anak yatim berupa satu stel pakaian baru, sedangkan untuk jompo menerima satu set perlengkapan sholat mukna dan jilbab untuk perempuan, untuk kaum laki-laki satu set perlengkapan sholat berupa baju Koko dan kain sarung baju muslim.

Sebelum melaksanakan kegiatan penyaluran zakat harta tersebut, para panitia terlebih dahulu melakukan pengecekan suhu tubuh warga yang hadir dan menyarankan untuk tetap menggunakan masker, guna mengatisipasi penyebaran virus corona (covid-19). (Sadaruddin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.