Ikapas Bagikan Bantuan Sembako Kepada Warga korban Banjir dan Kaum Jompo

  • Whatsapp

SUBULUSALAM |  SINARLINTASNEWS. Com  –  Ikatan Pemuda Kecamatan Sultan Daulat (Ikapas), Kota Subulussalam membagikan membagikan bantuan sembako kepada masyarakat korban banjir desa Sigersing di kecamatan Sultan Daulat,  Selasa (28/4/2020).

Ketua Ikapas Subulussalam Muhammad Joni, S.Pd mengungkapkan, pembagian sembako tersebut bertujuan untuk membatu warga yang terkena dampak  bajir yang terjadi akibat curah hujan yang terjadi di kota Subulussalam.

“Tujuannya untuk membantu saudara kita yang terkena banjir, kita berharap bantuan ini dapat meringankan beban mereka, apa lagi saat ini juga ekonomi masyarakat sangat merosot akibat dari pandemi virus corona saat ini,” ungkap Joni.

Selain membatu para korban banjir, Ikapas juga membagikan sejumlah sembako kepada jompo. Joni mengungkapkan, pemberian sembako tersebut merupakan bentuk kepedulian kemanusiaan membantu masyarakat yang terdampak langsung oleh merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19.

“Kita juga membagikan sembako kepada kaum jompo, saat ini banyak warga yang membutukan pertolongan,” ungkapnya.

Anjuran physical distancing (Jaga jarak fisik) yang kemudian ditindaklanjuti dengan kebijakan work from home (Bekerja dari rumah), sebagai upaya pencegahan meluasnya virus korona (Covid-19), telah berdampak pada ekonomi masyarakat kecil.

“Secara pribadi kami mendukung kebijakan pemerintah ini. Namun harus diakui bahwa kebijakan ini memiliki efek yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat. Kami juga tak luput dari hal ini, apalagi mereka yang kurang mampu. Atas dasar ini kami merasa tergerak untuk membantu,” Kata Joni.

Menurutnya Joni, mendukung program pembatasan aktivitas sosial bukan berarti menutup mata hati mereka terhadap kemanusiaan, saat ini memang semua orang sedang dalam kondisi prihatin. Namun masih banyak warga atau tetangga yang kesusahan.

“Dalam situasi saat ini, uang bukan menjadi penghalang karena masih bisa dicari, namun rasa kemanusiaan untuk selalu berbagi, menjadi panggilan hati yang tak bisa kita diabaikan, apa lagi momen ini juga, ummat Islam sedang mejalankan ibadah puasa,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Muhammad Joni menyerahkan langsung bantuan kepada kaum Jompo, di Kecamatan Sultan Daulat.

Dikatakannya, apa yang mereka berikan mungkin tidak seberapa. Namun walau kecil setidaknya bisa membantu meringankan beban mereka yang kesusahan di tengah situasi pandemi corona yang tengah mewabah.

“Kondisi saat ini memang membutuhkan beragam upaya yang harus dilakukan secara sinergis dari berbagai kalangan. Baik pemerintah maupun masyarakat, organisasi kemasyarakatan mapun individu untuk membatu masyarakat yang kesusahan,” katanya.

Selain memberikan bantuan, pihaknya juga memberikan edukasi dan menghimbau agar warga jangan bepergian dan mengunjungi tempat-tempat keramaian, kalau bisa di rumah saja, dan tidak perlu panik sambil menunggu wabah ini berakhir. Jangan lupa berdoa agar kita diselamatkan dari wabah yang berbahaya ini.

“Teruslah mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat. Kami juga berharap masyarakat dapat memahami dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pencegahan Covid-19,” ujar Joni.

Sebelumnya, Ikapas juga membagikan ribuan masker dan vitamin C kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terkena infeksi, karena vitamin C ini berperan sebagai agen antimikroba yang dapat melawan berbagai mikroorganisme penyebab infeksi, dan mampu mencegah dan mengobati infeksi pernapasan dengan meningkatkan berbagai fungsi sel kekebalan tubuh.

Selain membagikan ribuan vitamin C dan masker  Ikapas juga melakukan penyemprotan disinfektan di pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya.

“Harapan kita wabah ini segera berlalu, terlebih kita mau memasuku bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi, agar kita bisa tenang menjalankan ibadah puasa kita,” pungkasnya. (Syahbudin Padang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.