Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Fitriani Manurung Turut Prihatin dan Ajak Warga Tetap Waspada

  • Whatsapp
Dr. H. Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd

Sinarlintasnews.com – Dr. Hj. Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota turut prihatin atas kembali meletusnya Gunung Sinabung yang mengakibatkan erupsi dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut pada Senin (10/8/2020) sekitar pukul 10.16 WIB.

Menurut Fitriani Manurung, saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III Siaga dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

Bacaan Lainnya

“Kita imbau masyarakat agar menjauhi lokasi minimal di radius 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara, untuk zona yang lebih aman,” ungkapnya.

Selain itu, Fitriani juga mengimbau agar masyarakat memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Sementara Bagi masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Guning Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

“Erupsi kali ini lebih tinggi dari erupsi sebelumnya dua hari yang lalu. Dari pantauan kita di televisi, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara,” kata Fitriani.

Ketua Majelis Taklim DPC PDI Perjuangan kota Medan ini juga mengajak warga agar tetap sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan saat ini, dan berserah diri kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dan kesehatan dalam menghadapi bencana alam yang terjadi saat ini.

“Kita berharap ini cepat berakhir dan kembali normal seperti biasanya, kita harus tetap berdoa menyerahkan seluruhnya kepada Allah SWT. Karena semua yang terjadi tidak terlepas dari izin Allah,” ungkapnya.(Red).

Dr. H. Fitriani Manurung, S.Pd, M.Pd

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.