Seekor Gajah Dewasa Resahkan Warga, Pihak BKSDA Subulussalam Minta Segara Bertindak

  • Whatsapp
Ket foto : sosok Gajah dewasa yang meresahkan Masyarakat yang sempat direkam warga saat merusak tanaman masyarakat

Subulussalam | Sinarlintasnews.com – Seekor Gajah dewasa resahkan warga Desa Bawan, Kecamatan Sultan Daulat, kota Subulussalam.

Menurut informasi Ramayana Maha salah satu warga Desa Bawan menyebutkan, Kehadiran gajah dewasa tersebut tampak berkeliaran diperkebunan masyarakat dan merusak sejumlah tanaman Sawit, Jagung, Pisang, serta tanaman lainnya.

Bacaan Lainnya

Ramayana juga menyatakan, kejadian tersebut telah disampaikan kepada Geuchik Desa Bawan, namun masih belum ada penanganan dari pihak pemerintah setempat maupun dari pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Sudah kami sampaikan kepada Geuchik, tapi belum ada tindakan, kami berharap gajah ini segera diamankan dan ditangani dengan baik sehingga tidak meresahkan kami masyarakat, selain dari tanaman kami yang rusak, juga dikhawatirkan gajah ini suatu saat mengamuk dan menyerang warga, ini yang harus diantisipasi,” ujar Ramayana, Minggu (29/1/23).

Hal senada juga disampaikan Bahudin Padang warga Desa Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan meminta pihak BKSDA segera mengamankan gajah tersebut sebelum memasuki Desa mereka.

Bahudin mengaku pernah menghubungi langsung pihak BKSDA melalui Via telepon namun, pihak BKSDA menyampikan berbagai alasan tentang Konflik.

“Alasan BKSDA ada konflik pendapat warga. Ini konflik apa, padahal ini adalah tugas mereka untuk mengembalikan gajah ini kehabitatnya. Jangan nanti warga yang sudah resah ini bertindak sendiri lalu pemerintah memberikan sanksi kepada kami, jadi kami harap agar Gajah ini segera diamankan,” tegasnya.

Sementara itu, Pihak BKSDA yang diketahui bernama Hadi Sofyan yang dihubungi wartawan pada Minggu malam pafa pukul 19:56 WIB melalui pesan singkat WhatsApp menyatakan hal tersebut dirinya tidak memiliki kapasitas untuk menanggapi.

“Waalaikumussalam pak, kalau terkait gajah mohon konfirmasi ke pak Agus kepala Balai KSDA Aceh, Karena bukan kapasitas saya memberi tanggapan terkait ini bg,” ujar Hadi melalui pesan singkat Via WhatsApp

Informasi yang dihimpun, gajah dewasa tersebut tampak berkeliaran di perkebunan warga. Bahkan warga yang berusaha menghalau agar gajah tersebut keluar dari perkebunan tampak medokumentasikan dengan cara merekam gajah tersebut Tengah merusak tanaman warga.

Penulis : Syahbudin Padang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *