Hidup Sehat Konsumsi Ikan Lemuru

  • Whatsapp
Gambar Ikan Lemuru (Sumber : Naufal A. R. Sibuea, 2020)

Ikan leumuru merupakan organisme air laut yang hidup di air laut, bergerak dengan kelima siripnya yaitu : Dolsar (Punggung), Vectoral (Dada), Vectoral ( Perut), Anal (Anus) dan Caudal ( Ekor). Ikan bertulang belakang ini (Vertebrata) bernafas dengan insang, berdarah dingin serta memanfaatkan linealateralis untuk mengetahui kondisi sekitarnya.

Ikan lemuru sering dikenal oleh masyarakat tapteng dan sibolga dengan sebutan sarden ikan ini sangat mudah sekali diamati dengan ciri-ciri fisik yakni tubuh berwarna silver( Perak), Ukuran rata- rata 14-15 cm, bentuk tubuh seperti torpedo, Ukuran Sisik kecil yang menutupi hampir seluruh tubuhnya mulai dari belakang tutup insang hingga pangkal ekor dan bentuk sirip ekor bercagak.

Bacaan Lainnya

Gambar Ikan Lemuru (Sumber : Naufal A. R. Sibuea, 2020)

Menurut Khaddami, dkk (2009) pada World Applied Sciences Journal, Ikan lemuru banyak mengandung omega 3 Seperti EPA dan DHA. Selanjutnya, Poernomo, dkk (2010) pada Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia menjelaskan bahwa mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam jumlah yang cukup mampu mengurangi kandungan kolesterol dalam darah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung resiko artherosklerosis serta secara selektif dapat membunuh sel-sel kanker dan menyembuhkan gejala rheumathoid arthritis.

Penulis;
Nama : Naufal Aulia Ramadhan Sibuea
Nim : 19020012
Prodi : Akuakultur
Dosen Pengampuh : Teguh Heriyanto S.Pi, M.Si
Asisten Dosen : Noveryanti Naibaho
Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.