“Si Hitam Pekat” Tinta Cumi Yang Jarang Digunakan Ternyata Memiliki Manfaat Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Mardiani Safitri (Mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli)

Cumi-cumi merupakan salah satu jenis hewan molusca ( bertubuh lunak ) yang memiliki kemampuan untuk melindungi diri dari serangan pemangsa, dimana salah satunya yaitu dengan cara menyemprotkan cairan pekat dari tubuhnya yang biasa kita sebut sebagai tinta cumi.

Sumbe : http://www.google.com/imagres

Bacaan Lainnya

Selain dagingnya yang dapat dikonsumsi, ternyata tinta cumi juga dapat dikonsumi karena memiliki manfaat yang tak terduga bagi kesehatan tubuh kita.Di dalam tinta cumi terdapat banyak senyawa unik seperti melanin, polisakarida, katekolamin, asam amino,dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa manfaat luar biasa tinta cumi bagi kesehatan tubuh :

1.Melawan Kanker

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tinta cumi mengandung melanin yang memiliki kemampuan untuk mengurangi ukuran tumor dan menghentikan penyebaram sel kanker dalam tubuh karena sifat antioksidan.

2.Melancarkan Metabolisme Tubuh

Kandungan taurin yang terdapat didalam tinta cumi bermanfaat untuk proses mengubah makanan menjadi energi. Dengan demikian, lemak tidak akan tertimbun dalam tubuh melainkan dikeluarkan melalui feses dan urin serta keringat.

3.Mengandung Anti Bakteri

Tinta cumi memiliki khasiat anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan sekaligus membunuh kuman bakteri pathogen seperti penyebab diare, tifus, dan disentri.

4.Mengandung Vitamin B Kompleks Tinggi

Vitamin B kompleks merupakan multivitamin yang memiliki banyak kegunaan untuk tubuh manusia. Dalam tinta cumi mengandung B1,B2,B6 dan B12 yang sangat berguna untuk menyerap karbohidrat atau vitamin lain di dalam tubuh.

5.Meningkatkan Masa Otot.

Kandungan asam amino dalam tinta cumi juga akan membantu untuk meningkatkan masa otot sehingga sangat baik dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalankan program diet atau berolahraga untuk membentuk tubuh agar lebih berotot.

Sumbe : http://www.google.com/imagres

6.Sumber Protein Tinggi.

Tidak hanya bagian daging cumi saja yang mengandung kadar protein tinggi, namun tinta cumi juga mengandung melanoprotein yang didalamnya terdapat antara 10-15 % protein sehingga dapat digunakan sebagai lternative sumber protein yang sama baiknya dengan protein daging lainnya.

Demikian beberapa manfaat dari mengkonsumsi tinta cumi,dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang dapat anda peroleh dari tinta cumi tersebut.

Setelah anda mengetahui informasi diatas,apakah anda lebih memilih memasak cumi menggunakan tinta atau membuang tintanya?

Mardiani Safitri (Mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli)

Penulis ;
Nama : Mardiani Safitri
Nim : 18020010
Prodi : Akuakultur
Mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.