Mengenal si ikan Baronang (Siganus sp) dan Manfaat Mengonsumsi Pada Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Foto : Ramona Indah Bagariang (Mahasiswi Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli)

Tahukah Kamu Apakah manfaat Konsumsi Ikan Baronang Saat Pandemi ?

Foto : Ikan Baronang Sumber Wikipedia

Bacaan Lainnya

Baronang (Siganus sp) adalah sekelompok ikan laut yang masuk dalam keluarga Siginidae. Ikan ini dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda satu sama lain sesuai spesiesnya, seperti di Kepulauan Seribu dinamakan kea-kea, di Jawa Tengah dengan nama biawas dan nelayan-nelayan di Pulau Maluku menamakan dengan sebutan samadar. Baronang ditemukan di perairan dangkal laguna di wilayah Indo-Pasifik dan timur Laut Tengah. ikan ini dalam bahasa inggris disebut rabbitfish karena prilaku makannya yang memakan tumbuh-tumbuhan (rumput laut) secara rapi seperti dipangkas mesin rumput kecil. Baronang merupakan salah satu ikan
yang menjadi favorit bagi para pemancing di laut.

Adapun ciri-ciri dari ikan Baronang yang bersumber dari Wikipedia yaitu :

Ikan baronang termasuk herbivora, panjang tubuh ikan baronang dewasa mencapai 20–45 cm, tubuhnya membujur dan memipih lateral, dilindungi oleh sisik-sisik yang kecil, mulut kecil posisinya terminal. Rahangnya dilengkapi dengan gigi-gigi kecil. Punggungnya dilengkapi oleh sebuah duri yang tajam mengarah ke depan antara neural pertama dan biasanya tertanam di bawah kulit.

Duri-duri ini dilengkapi dengan kelenjar bisa pada ujungnya. Bisa ikan ini tidak
mematikan untuk manusia dewasa, tetapi dapat menyebabkan sakit parah. meskipun duri ikan baronang beracun namun daging hewan ini aman untuk dikonsumsi. Ikan ini juga memakan tinja / kotoran apabila hidup dekat pesisir / laut dangkal.

Berikut manfaat konsumsi ikan Baronang Saat Pandemik Covid-19 saat ini dari berbagai sumber.

1. Pembentuk massa otot dalam tubuh.Foto ilustrasi

Protein hewani pada ikan sangat berfungsi menyeimbangkan asam dan basa dalam tubuh, mengatur PH tubuh dan fungsi utamanya ialah sebagai zat pembentuk massa otot pada tubuh.

Kandungan protein dalam ikan ini juga memiliki resistensi yang cukup tinggi untuk melawan rasa sakit akibat racun, bakteri maupun virus yang menyerang tubuh.

2. Menghaluskan kulit

foto: pixabay.com

Kulit tebal ikan ini mengandung banyak kolagen yang sangat dibutuhkan kulit manusia agar menjadi halus dan mulus. Kandungan vitamin C, D, dan E dalam kulit ikan baronang susu juga dapat membantu mencerahkan kulit.

3. Mencegah pengapuran tulang dan gigi.

Foto : Sumber google.

Dalam daging ikan baronang mengandung kalsium dan fosfor. Kandungan inilah yang dapat membantu mencegah keroposnya tulang dan gigi secara alami.

4. Menyehatkan mata.

Foto ilustrasi

Mata yang sehat yaitu mata yang terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat. Oleh sebab itu mata sangat membutuhkan vitamin A yang berupa retinoid dan betakaroten. Kandungan nutrisi ini bisa kamu temukan dalam daging ikan baronang.

5. Baik untuk ibu hamil.

Foto ilustrasi

Kandungan lain dalam ikan baronang ialah asam amino dan asam folat. Asam amino dapat membantu perkembangan otak janin sehingga mencegah bayi lahir cacat. Asam folat membantu kebutuhan janin agar tumbuh menjadi bayi yang riang dan cerdas.

6. Pembangkit energi.

foto: pixabay.com

Ikan baronang mengandung Kalium yang tinggi. Dalam unsur periodik, Kalium memiliki simbol K. Kalium inilah yang berfungsi sebagai pembangkit enegi pada tubuh yang nantinya akan bekerja sama dengan mineral lain seperti Natrium.

7. Anti inflamasi tubuh.

foto: pixabay.com

Inflamasi dapat diartikan sebagai zat yang memberikan efek antinyeri dan penurun panas pada tubuh. Dalam ikan baronang terkandung zat anti inflamasi yang aman dan ampuh menyeimbangkan suhu tubuh.

8. Menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

foto: pixabay.com

Vitamin B yang sangat banyak dalam ikan baronang susu bermanfaat menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh manusia. Jika kadar cairan dalam tubuh manusia terlalu banyak maka akan terjadi pembengkakan.

Foto : Ramona Indah Bagariang (Mahasiswi Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli)

PENULIS;
NAMA : RAMONA INDAH BAGARIANG
NIM : 18020004
PRODI : AKUAKULTUR
SEKOLAH TINGGI PERIKANAN DAN KELAUTAN MATAULI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.