Potensi Sumber Daya Pesisir dan Laut di Indonesia

  • Whatsapp
Sumber : https://sitiqotimah.wordpress.com/2015/01/04/pengertian-wilayah-pesisir

Tahukah kalian kalau Indonesia merupakan negara bahari terbesar di dunia? Sebagai negara bahari dan kepulauan indonesia memiliki perairan laut seluas 5.8 juta km2 atau 75% dari total wilayah indonesia.

Sumber daya pesisir dan laut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik sebagai sumber pangan, penghasilan, objek wisata, media haus potensi, maupun sumber daya mineral.

Bacaan Lainnya

Sesuai dengan pasal 33 UUD 1945, kekayaan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil yang dikuasai oleh negara dan harus dikelolah sedemikian rupa guna mmewujudkan kesejahteraan masyarakat, dengan maksud memberikan manfaat bagi generasi sekarang tanpa mengorbankan generasi yang akan datang.

Potensi sumber daya pesisir sangat kaya, akan tetapi kemiskinan dan ketidak pedulian memicu tekanan terhadap segala sumber daya yang ada di pesisir, yang jika tidak dapat diatasi maka akan menyebabkan kerusakan ekosistem pesisir. Secara umum, potensi sumber daya wilayah pesisir dan laut indonesia dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu sumber daya hayati, sumber daya non hayati, dan jasa kelautan.

Sumber daya hayati meliputi semua jenis biota laut, misalnya ikan, kerang, udang, rumput laut, cumi-cumi, teripang, untuk sumber daya non hayati meliputi mineral, bahan tambang/galian, minyak dari bumi, dan energi kelautan. Sedangkan jasa lingkungan adalah wisata bahari, perhubungan laut, dan kepelabuhan serta barang muatan kapal tenggelam.

(BMKT).

Oleh karena itu diperlukan pengelolaan sumber daya pesisir laut. Namun pnegelolaan yang bagaimana?

1. Pengelolaan wilayah pesisir terpadu yaitu suatu pendekatan pengelolaan yang menyeluruh dan terpadu serta seimbang antara pemanfaatan dan pelestarian sumber dayanya.

2. Pengelolaan berbasis masyaratakat yaitu pengelolaan sumber daya pesisir dan laut yang direncanakan secara bersama-sama.
3. Pengelolaan bersama yang memerlukan hubungan kemitraan dimana seluruh element masyarakat, pemerintah, institusi, dan nelayan.

Jadi, pemanfaatan sumber daya di wilayah pesisir memiliki hubungan dengan cara pengelolaannya, sehingga dapat terwujud wilayah pesisir yang pemanfaatannya ramah lingkungan.

Jika artikel ini bermanfaat, maka bagikan ke rekan-rekan anda. Karena semakin banyak membaca maka semakin banyak yang mengetahui banyaknya potensi sumber daya pesisir dan laut indonesia.

Sumber : https://sitiqotimah.wordpress.com/2015/01/04/pengertian-wilayah-pesisir

IDENTITAS PENULIS
Nama : Marta Laura Butar-Butar
Nim : 18020014
Prodi : Akuakultur
#SalamBahari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.