Atisipasi Penyebaran Covid-19, DPD KNPI Kota Subulussalam Bagikan Hand Sanitizer dan Vitamin Kepada Warga

  • Whatsapp
Ketua DPD KNPI Kota Subulussalam Edi Sahputra Bako

Subulussalam | Sinarlintasnews.com – Penyebaran Virus Korona telah mengkhawatirkan masyarakat Indonesia,  yang cukup massif penyebarannya. Pemerintah juga meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk mengantisipasi dan menghindari penyebaran virus corona melalui pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD KNPI Kota Subulussalam Edi Sahputra Bako turun lanhsung kelapangan berpartisipasi membatu pemerintah melawan Virus Corona (Covid-19) di Kota Subulussalam.

Bacaan Lainnya

Kegitan yang dipusatkan di Kota Subulusslam tersebut, Ketua DPD KNPI dan para anggota membagikan sejumlah  hand sanitizer dan vitamin guna mengatisipasi penyebaran Virus Corona Kepada masyarakat secara gratis.

Pada kesempatan itu, Edi Sahputra Bako mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan sebagai upaya DPD KNPI Kota Subulussalam membantu pemerintah bersatu melawan Covid-19yang sudah menjadi wabah dunia.

“Hari ini DPD KNPI Kota Subulussalam membagikan secara cuma cuma bahan antiseptik yang efektif membunuh virus dan bakteri, karena ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk perlindungan dari virus corona. Ini semua gratis. Kita semua sangat prihatin akan mewabahnya Virus Korona ini dan berharap wabah ini cepat berlalu,” Edi Sahputra Bako, Senin (30/3/2020)

Dikatakannya, (Edi Sahputra Bako,red) kegiatan tersebut mereka lalkukan sebagai bentuk kepedulian dan rasa kemanusiaan  terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah meresahkan masyarakat.

“Ini adalah bentuk kepedulian kita untuk maju dan bergerak bersama melakukan karya nyata demi pencegahan Covid-19. Jumlah penduduk Kota Subulussalam ini terlalu besar kalau hanya pemerintah yang bekerja dalam waktu yang singkat,” kata Edi.

Edi Sahputra menjelaskan, kegiatan tersebut bukan untuk mencari popularitas atau mengindahkan maklumat Kapolri, namun masyarakat juga butuh sosialisasi terkait penanggulangan Covid-19, terutama soal apa saja yang tidak diperbolehkan dan sejumlah langkah antisipasinya.

“Kalau semuanya di rumah, yang bersosialisasi kepada warga siapa lagi, kita turun juga sudah sefti. Karena sebelum kita turun terlebih dahulu kita berkordinasi dengan Dokter untuk me jaminkan alat-alat pelindung yang kita gunakan sudah sfti,” jelas Edi.

Menurutnya,  Virus corona memang terlihat cukup mematikan, tetapi publik tak perlu panik menanggapi kasus ini. Sebaliknya, masyarakat yang belum terinfeksi perlu mencari cara untuk melindungi diri dari virus corona. Memastikan selalu menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sehari-hari. Mulai dari cuci tangan sebelum memegang mulut, hidung, mata dan setelah memegang fasilitas publik.

“Mencuci tangan menggunakan air mengalir, sabun, disinfektan dan antiseptik selama 20 detik. Jika tidak ada air, gunakan alkohol dengan kadar 70-80 persen, dan hari ini kita membagikan sekitar  700 Paket Hand Sanitizer dan Suplemen/Vitamin, barang ini juga nanti kita bagikan untuk petugas medis,”Jelasnya.

Diterangkannya lebih lanjut, Covid-19 dapat menular kepada orang lain melalui bersin dan batuk yang bisa menjangkau beberapa meter tergantung dari arah angin. Maka itu pastikan pula selalu memakai masker jika memiliki masalah pernapasan.

“Hindari menyentuh hewan sembarangan, hindari berkunjung ke pasar basah, pasar hewan hidup dan peternakan. Dan sebaiknya hindari kontak langsung dengan pasien yang sudah terinfeksi maupun baru mengalami gejala gangguan pernapasan,” katanya.

“Hari ini kita membagikan vitamin hand sanitizer kepada masyarakat yang harus bekerja untuk kepentingan publik seperti buruh bangunan, petugas kebersihan, tukang becak, dan para buruh pengangkutan, dimana mereka mempunyai aktifitas kesibukan diluar dan sangat rentan terkena ancaman virus namun karena tuntutan ekonomi mereka tetap bekerja, kita berharap dengan sedikit sentuhan ini bisa menjaga mereka dari terkena virus dengan sering mencuci tangan memakai hand sanitizer dan mengkonsumsi suplemen/Vitamin agar bisa sedikit membantu daya tahan tubuh mereka disaat bekerja,” tenganya.

Edi Sahputra juga berharap, apa yangtelah mereka berikan dapat dimanfaatkan dan benar benar digunakan untuk kesehatan diri sendiri maupun keluarga, sehingga dapat mencegah penyebaran Virus Korona di tengah-tengah kehidupan kita. (Syahbudin Padang).

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *